Beranda Hukum Kriminal Racik Alkohol dan Air Mineral, Laki-laki di Tulungagung Diamankan

Racik Alkohol dan Air Mineral, Laki-laki di Tulungagung Diamankan

BERBAGI
miras yang disebut dengan arak hasil razikan tersangka.(foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Nekat racik sendiri minuman memabukkan, Dimas Subangun Prasetyo (23 tahun) warga desa Kepuh kecamatan Boyolangu Tulungagung, diamankan di Mapolres Tulungagung.

Dimas ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka setelah terbukti menjadi pengedar sekaligus pembuat miras jenis baru yang dikenal dengan sebutan arak. Tersangka diamankan saat mengantarkan pesanan arak dari pelanggannya di Desa Wajak Lor Kecamatan Boyolangu.

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, dari tangan tersangka diamankan 36 botol air mineral kapasitas 1,5 liter berisi oplosan siap edar, uang tunai Rp 200 ribu, 3 buah kardus, 11 plastik bekas bungkus miras, 1 galon aqua, handphone dan 1 gelas takar plastik .

| Baca Juga:  Olah TKP, Polisi Pasang Police Line di Toilet Puskesmas Kauman

“Tersangka mengaku sudah setahun ini menjalankan bisnisnya tersebut. Tidak ada sasaran khusus. Bagi yang kenal dan memesan arak tersebut akan dilayani,” ucapnya.

Sementara itu, dihadapan awak media, tersangka mengaku tidak memiliki literasi khusus dalam pembuatan arak ini. Dirinya hanya asal-asalan mencampurkan alkohol 90% yang telah dibelinya dengan air mineral.

“Komposisinya 3 dibanding 1. Ide ini dari istri saya yang dikasih tahu kenalannya. Akhirnya saya coba-coba, ternyata memang bisa memabukkan,” akunya.

Untuk satu botol arak ukuran 1,5 liter dijual dengan harga Rp 50 ribu. Keuntungan yang diperoleh tersangka per botolnya mencapai Rp 30 ribu.

| Baca Juga:  Dinyatakan Tak Bersalah, Pecinta Hewan Tetap Minta Peminum Ciu Kucing Dihukum

Akibat perbuatannya, Dimas dijerat pasal 204 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan pasal 62 jo pasal 8 Undang Undang nomer 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here