Beranda Peristiwa Ratusan Warga Lereng Kelud dan Wilis Kekurangan Air

Ratusan Warga Lereng Kelud dan Wilis Kekurangan Air

BERBAGI
Sejumlah warga mengantri untuk mendapatkan air bersih. (foto:ducan ananta)

AGTVnews.com – Ratusan warga yang ada di lereng gunung wilis dan gunung kelud Kabupaten Kediri mengalami kekurangan air bersih.

Warga yang kekurangan air ini berada di 5 desa yakni Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Desa Semen dan Desa Bobang Kecamatan Semen, Desa Asmorobangun, Kecamatan Plosoklaten dan Desa Puncu, Kecamatan Puncu.

Menurut Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agata Sakaria, kekeringan yang terjadi ini karena dampak musim kemarau. Beberapa mata air yang ada di sejumlah desa tersebut mengalami penurunan debit air.

| Baca Juga:  Hutan Wisata Bukit Ongakan Kediri Terbakar

“Rata-rata kekeringan yang terjadi ini berada di lereng kaki Gunung Wilis dan Gunung Kelud. Tetapi tidak semua berada dititik puncak. Adanya dampak dari musim kemarau yang panjang ini, mengalami penurunan debit air di sejumlah desa tersebut,” terang Randy Agata, Rabu (13/11/2019).

Randy menyebut krisis air bersih yang dialami warga masih dalam kategori batas ringan. Pasalnya, sejumlah warga yang terdampak masih terkadang memanfaatkan air sungai guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mengantisipasi krisis air berkelanjutan, BPBD Kabupaten Kediri rutin melakukan droping air untuk kebutuhan warga. Dalam waktu sehari petugas memberikan droping air sebanyal 40 ribu liter. Air bersih tersebut didistribusikan melalui 2 unit truk tangki dan diterjunkan ke sejumlah titik lokasi terdampak.

| Baca Juga:  Dikabarkan Hilang, Tukang Pijat Ditemukan Tewas di Sungai

“Kita lakukan droping air perharinya sesuai kebutuhan warga. Kita bagi pendistribusiannya dengan sistem bergilir, karena menggunakan 2 armada truk tangki dengan kapasitas 4 ribu liter. Rata-rata 2 truk tangki bisa mendistribusikan 40 ribu liter,”pungkasnya.(*)

Reporter: Ducan Ananta
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here