Beranda Hukum Kriminal Ribuan Pelanggar Operasi Zebra 2019 di Blitar Didominasi Pelajar

Ribuan Pelanggar Operasi Zebra 2019 di Blitar Didominasi Pelajar

BERBAGI
ratusan pengendara terjaring razia Operasi Zebra Semeru 2019.(foto:ana alana)

AGTVnews.com – Pelanggar operasi Zebra Semeru 2019 di wilayah Blitar didominasi oleh pelajar. Di wilayah hukum Polres Blitar Kota tercatat dari 2.600 jumlah pengendara yang ditindak 85 persen di antaranya adalah pelajar.

Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Haris Darma Sucipto mengatakan, dari ribuan pengendara yang ditindak, ternyata jumlah yang paling banyak adalah pelajar.

“Hingga hari terakhir pelaksanaan Operasi Zebra 2019 kami menindak 2.600 pengendara. Dari jumlah ini paling banyak pelajar. Jika diprosentasekan mencapai 85 persen,” ungkap Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Haris Darma Sucipto, Kamis (7/11/2019).

Jenis pelanggaran yang dilakukan oleh para pelajar ini rata-rata karena tidak memiliki SIM dan STNK. Pelanggaran berikutnya, mereka tidak menggunakan kelengkapan keamanan berkendara seperti helm.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Rata-rata mereka tidak punya SIM, karena usia mereka belum mencukupi untuk membuat SIM. Nah, untuk itu kami menghimbau kepada orang tua untuk mengantarkan anaknya ke sekolah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

| Baca Juga:  Ikut Pantau Kasus Pengancam Bom Mapolda Riau, Polres Blitar Kota Beri Himbauan Untuk Netizen

Sementara di wilayah hukum Polres Blitar, tercatat ada 3.433 pelanggaran selama Operasi Zebra 2019. Pelanggaran ini didominasi oleh pengendara roda dua sebanyak 2.338 pelanggaran. Sementara 1.138 diantaranya merupakan pengendara di bawah umur.

“Di wilayah hukum Polres Blitar kami mencatat ada 1.138 anak di bawah umur terjaring razia Operasi Zebra 2019,” kata Kasatlantas Polres Blitar AKP Amirul Hakim.

Amirul Hakim menguraikan, dalam operasi yang dilaksanakan mulai 23 Oktober 2019 hingga 5 November 2019 itu, pihaknya mengutamakan tindakan hukum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas.

“Sanksi tegas berupa tilang diberlakukan bagi para pelanggar lalu lintas. Semoga dengan adanya Operasi Zebra Semeru ini, masyarakat semakin tertib dalam berlalu lintas,” tegasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here