Beranda Wisata Hiburan Sate Gurita, Surga Kuliner Tersembunyi di Ujung Selatan Blitar

Sate Gurita, Surga Kuliner Tersembunyi di Ujung Selatan Blitar

BERBAGI
ehm...sate gurita pantai Jolosutro Blitar Selatan. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Sate adalah kuliner yang sangat familiar bagi warga Indonesia. Potongan daging yang ditusuk dan dibakar ini menjadi ciri khas dari beberapa daerah, seperti sate ayam Ponorogo, sate kambing Tulungagung bahkan sate kuda yang dianggap bisa menambah stamina.

Namun, pernahkah kalian mencoba untuk mencicipi sate dari olahan seafood? Yup, di sebuah warung yang terletak di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar menyediakan menu sate gurita.

Sate gurita ini memiliki tekstrur kenyal dan berasa gurih. Dipadu dengan manisnya kecap menjadikan lidah kita tidak akan berhenti mengcap. Kuliner inilah yang menjadi andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan Blitar.

Menurut Suhani, pemilik warung sate gurita, musim libur adalah musim panen baginya. Karena dalam satu hari dia menghabiskan 10 kg gurita segar untuk disate. Tidak sulit mendapatkan gurita, karena gurita ini merupakan tangkapan nelayan setempat yang cukup melimpah.

kebayang gak, makan sate gurita di pinggir pantai, nyuuuss guys. (foto:ana alana)

Untuk membuat sate gurita diperlukan dua kali proses. Pertama gurita yang sudah dibersihkan dipotong dadu lalu dilumuri bumbu.

Setelah itu potongan daging gurita direbus sampai dagingnya empuk. proses selanjutnya adalah rebusan daging tersebut kemudian ditusuk dan dibakar seperti sate pada umumnya.

| Baca Juga:  Orang Tua Erik Yakin, Pengancam Peledakan Mapolda Riau Anaknya

“Kalau sudah dibakar seperti ini tergantung pelanggan, seleranya seperti apa untuk menikmati. Ada yang minta pakai bumbu kacang serta irisan bawang merah mentah kayak sate pada umumnya. Tapi ada pula yang minta polos untuk langsung disantap. Karena sudah dibumbui kalau dimakan tanpa bumbu kacang juga sudah enak,” ungkap Suhani.

Salah satu wisatawan yang tergoda kenikmatan sate gurita khas Pantai Jolosutro tak lain adalah Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto yang baru bertugas di Blitar. “Rasanya enak dan gurih. Ditambah suasana pinggir pantai menambah kenikmatan sensasi sate gurita,” kata Budi Hermanto.

Sate gurita ini bisa dinikmati hanya dengan Rp 25 ribu perporsi. Satu porsi berisi 10 tusuk sate gurita. Tak hanya itu, sambil menikmati sate gurita wisatawan juga mendapatkan bonus pemandangan indah Pantai Jolosutro dan semilir angin di bawah pohon cemara udang di sepanjang bibir pantai.

Gimana nih guys, pinisirin gak dengan gurihnya sate gurita? Datang saja ke pantai Jolosutro Kabupaten Blitar. Makan sate gurita, bonusnya pemandangan indah pinggir pantai dan semilir angin yang menyejukkan. Aseeekkkaaah. (*)

Reporter: Ana Alana 
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here