Beranda Pemerintahan Antisipasi Kenaikan Harga, Disperdagin Kota Kediri Gelar Operasi Pasar

Antisipasi Kenaikan Harga, Disperdagin Kota Kediri Gelar Operasi Pasar

BERBAGI
kegiatan OPM yang digelar Disperdagin Kota Kediri. (foto:wiji guntoro)

AGTVnews.com – Mengatisipasi kenaikan harga komoditi pangan menjelang Natal dan tahun baru (Nataru), Dinas Perdagangan dan Industri (Disperdagin) Kota Kediri menggelar Operasi Pasar Murni (OPM). Kegiatan OPM ini diadakan selama 4 hari yakni antara 16 hingga 19 Desember 2019.

Yetti Sisworini Kepala Disperdagin Kota Kediri mengatakan komoditi yang disediakan di OPM langsung didatangkan dari pelaku usaha.

“Kita ada 4 komoditi yaitu, beras, minyak goreng, telor ayam dan gula pasir. OPM ini untuk mengantisipasi adanya inflasi dan melonjaknya harga yang cukup tinggi,”jelasnya.

| Baca Juga:  Bulog Hentikan Operasi Pasar Cabai Murah

Yetti berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan OPM tersebut untuk kebutuhan pokok. “Saya harap masyarakat bisa membeli kebutuhan pokoknya di OPM ini. Kalau masyarakat masih membutuhkan OPM bisa diperpanjang lagi,” jelasnya.

Kegiatan OPM ini dilakukan di 3 tempat yakni Taman Makan Pahlawan, Taman Sekartaji dan Stadion Gadjah Mada. Pada masing-masing tempat menyediakan telor 200 kg, beras 150 bungkus dengan berat masing-masing 5 kg, gula pasir 500 kg dan minyak goreng 384 botol.

Untuk harga yang ditawarkan di OPM yakni beras premium Rp 45 ribu, gula pasir Rp 10.700 per kg, minyak goreng Rp 8500 per liter dan Rp 21.500 tiap kg.

| Baca Juga:  Operasi Pasar Cabai Rawit

Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan harga di pasar tradisional. Harga beras premium Rp 11 ribu – Rp 11.500 per kilogram , Gula Rp 11.500, minyak goreng Rp 11.000 per liter dan telor Rp 24.000 perkilogram.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma