Beranda Peristiwa Hujan Angin Rumah Warga di Blitar Tertimpa Plengsengan

Hujan Angin Rumah Warga di Blitar Tertimpa Plengsengan

BERBAGI
plengsengan jalan yang ambrol nyaris menimbun rumah warga. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Hujan deras disertai angin kencang di kabupaten Blitar mengakibatkan rumah warga di lingkungan Kampunganyar Dusun SumberjoDesa Balerejo Kecamatan Wlingi nyaris tertimpa plengsengan jalan.

Plengsengan tersebut ambrol karena tidak kuat menahan kandungan air dalam tanah saat hujan deras melanda wilayah tersebut, Minggu (15/12/2019) sore.

Ambrolnya plengsengan ini membawa material tanah yang nyaris menimbun rumah warga setempat, Tumilah (62 tahun). Beruntung luncuran tanah longsor terhenti di pelataran rumah, sehingga tidak sampai menimbun bangunan.

“Longsor hanya sampai di halaman warga tersebut tanpa ada kerusakan rumah atau bangunan di sekitarnya dan tidak ada korban jiwa,” ungkap Kapolsek Wlingi Kompol Purdianto, Senin (16/12/2019).

| Baca Juga:  Tidak Kunjung Diperbaiki, Warga Tanami Jalan Desa Dengan Pohon Pisang

Khawatir ada longsor susulan, warga langsung melaporkannya kejadian ini ke aparat setempat. Laporan ini dilanjutkan dengan pengecekan oleh Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat. Selanjutnya aparat melakukan pembersihan di lokasi longsor.

“Pagi ini sudah dikoordinasikan dengan BPBD dan koramil untuk ditangani secara bersama sama,” imbuhnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar mengimbau warga untuk waspada bencana yang mungkin terjadi saat musim penghujan. Terutama di wilayah yang selama ini menjadi langganan bencana banjir, puting beliung, dan tanah longsor.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Heru Irawan menuturkan, intensitas hujan di Kabupaten Blitar sudah mulai meningkat. Hal ini patut diwaspadai adanya bencana. Sejumlah personel BPBD juga disiapkan untuk segera menyiapkan rencana tanggap bencana.

| Baca Juga:  Sumber Mata Air Menyusut Warga Blitar Gunakan Air Keruh

“Semua potensi bencana bisa terjadi ketika memasuki musim cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Seperti diketahui, di Kabupaten Blitar ada beberapa wilayah yang rawan bencana seperti tanah longsor,” ucapnya.

“Utamanya di Kecamatan Doko, Wlingi, Gandusari, Selorejo merupakan daerah rawan terjadi tanah longsor karena kondisi geografisnya berbukit. Selain itu, semua wilayah di Kabupaten Blitar rawan puting beliung. Utamanya saat terjadi hujan lebat disertai dengan angin kencang dan petir,” papar Heru Irawan.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here