Beranda Peristiwa Penasaran, Pelajar di Kediri Tengok Langsung Gerhana Matahari Cincin

Penasaran, Pelajar di Kediri Tengok Langsung Gerhana Matahari Cincin

BERBAGI
keseruan para pelajar di Kediri melihat gerhana matahari cincin dengan kacamata matahari.(foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Terjadinya fenomena alam gerhana matahari cincin membuat penasaran masyarakat. Mereka ingin bisa melihat langsung peristiwa yang terjadi 18 tahun sekali itu. Satu diantaranya komunitas astronomi Kediri yang berkumpul di Simpang Lima Gumul untuk mengamati secara langsung kejadian langka ini, Kamis (26/12/2019).

Berbekal teleskop dan kacamata matahari, para pelajar ini melihat secara langsung terjadinya gerhana matahari.

Menurut Ulfa Zulaikha, Ketua Kediri Astronomi Club kegiatan tersebut dilakukan di tempat ramai sebagai upaya komunitas untuk mengedukasi masyarakat.

| Baca Juga:  Tiga Pasangan Mesum Terjaring Razia Ramadan

“Kita pilih titik pemantauan di SLG karena ramai pengunjung. Jadi kita juga edukasi mereka. Kita ajak masyarakat umum untuk mencoba melihat gerhana menggunakan teleskop dan kacamata yang kita sediakan secara bergantian,”jelasnya.

Di wilayah Kediri gerhana matahari cincin berlangsung dari pukul 11.00 wib hingga pukul 15.00 wib. Fenomesore alam ini hanya bisa dinikmati menggunakan  teropong dan tidak disarankan melihat langsung dengan mata telanjang.

Gerhana matahari cincin bisa dilihat langsung di wilayah Indonesia. Untuk daerah Riau hingga Kalimatan bisa melihat secara utuh terjadinya gerhana matahari cincin ini, namun untuk wilayah pulau Jawa hanya bisa dilihat 80 persen saja.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma