Beranda Viral Inspiratif! Penggali Kubur di Blitar Dilantik Jadi Kades

Inspiratif! Penggali Kubur di Blitar Dilantik Jadi Kades

BERBAGI
Mujiadi Kepala Desa Pagerwojo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Kontestasi pemilihan kepala desa di Kabupaten Blitar menyisakan sebuah kisah inspiratif. Tak hanya orang berduit yang bisa memenangkan demokrasi tingkat desa tersebut.

Adalah Mujiadi (51 tahun) seorang penggali kubur di Desa Pagerwojo Kecamatan Kesamben yang membuktikan hal itu. Mujiadi dilantik Bupati Blitar setelah memenangkan Pilkades dengan perolehan 1.284 suara. Dia unggul dari dua lawannya yang secara finansial jauh lebih mapan.

Mujiadi mengaku bersedia maju menjadi kepala desa atas desakan warga. Pria yang dikenal lugu ini bahkan mengakui jika pengetahuanya tentang birokrasi masih sangat terbatas.

Usai dilantik oleh Bupati Blitar Rijanto, Mujiadi bercerita sempat mengalami demam panggung ketika diminta berpidato untuk pertama kalinya. Di atas panggung Mujadi lupa apa yang akan disampaikanya.

| Baca Juga:  Warga Sekitar Kaget Beras Sujoko Dicurigai Mengandung Pemutih Pakaian

“Saat itu tiba-tiba warga langsung berteriak meminta saya cerita pengalaman saat jadi penggali kubur dan buruh. Karena grogi saya malah lupa,” kata Mujiadi, Minggu (15/12/2019).

Lalu apa rahasia Mujiadi menang dalam Pilkades di desanya? Pria lulusan STM ini ternyata terkenal memiliki jiwa sosial yang tinggi. Hal inilah yang mengantarkanya menjadi pemimpin di desanya.

Sebagai penggali kubur, Mujiadi tidak pernah meminta imbalan atas jasanya. Sekalipun tak mendapat bayaran, Mujiadi tetap menjalankan tugasnya di lima lokasi pemakaman di Desa Pagerwojo. “Saya sudah sejak 2003 jadi tukang gali kubur. Alhamdulillah badan saya makin sehat dan kuat saat ini,” jelasnya.

| Baca Juga:  Tips Sukses Budidaya Ikan Koi

Warga yang mengusung Mujiadi maju menjadi Kades justru sempat kaget jagonya memenangi Pilkades. Pasalnya Mujiadi harus berkompetisi dengan dua calon lainnya.

“Kami mencalonkan pak Muji karena kami tahu Pak Muji orangnya ikhlas dan punya jiwa sosial tinggi. Tapi saat Pak Muji dinyatakan menang kami juga sempat kaget karena saat maju Pilkades Pak Muji tidak pakai uang untuk mencari dukungan,” ungkap Dwi Hari warga Pagerwojo.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here