Beranda Peristiwa RRC Belajar Penanganan Anak di Kabupaten Tulungagung

RRC Belajar Penanganan Anak di Kabupaten Tulungagung

BERBAGI
Director Divisi Perlindungan Anak Kementrian Urusan Sipil RRC, Yang Jian . (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Pemerintah China datang ke Tulungagung untuk melihat sistem penanganan perlindungan anak. Sistem Unit Layanan Terpadu Perlindungan Sosial Anak Integratif (ULTPSAI) Tulungagung dinilai cukup bagus, dan kondisinya hampir sama dengan di China.

Menurut Koordinator ULTPSAI Tulungagung, Sunarto, China adalah negara kedua yang datang untuk melihat penanganan masalah anak di Tulungagung. Sebelumnya sudah ada Malaysia yang melakukan hal serupa.

“Sebelumnya sudah ada Malaysia yang pernah kesini. Sama tujuannya untuk melihat sistem penanganan masalah anak di Tulungagung,” terangnya, Kamis (12/12/2019)

Berdasarkan data yang dimiliki, sejak akhir tahun 2015 sampai saat ini ULTPSAI rutin mendampingi dan mengadvokasi anak yang rentan masalah maupun anak yang berhadapan dengan hukum.

| Baca Juga:  KPU Kabupaten Tulunggagung, Hanya Akan Ambil 5 Pelamar Saja

“Tahun ini untuk anak yang berhadapan dengan hukum ada 185 anak, yang rentan ada 600an,” pungkasnya.

Sementara itu Director Divisi Perlindungan Anak Kementrian Urusan Sipil RRC, Yang Jian mengatakan banyak kesamaan antara China dan Indonesia. Mulai dari jumlah penduduk, tenaga migran dan permasalahan anak.

“Kita memiliki kesamaan, jumlah penduduk yang sama banyak, buruh migran yang banyak dan masalah pada anak yang juga hampir sama,”jelasnya.

Masih menurut Yang Jian, dari tahun ke tahun negaranya juga membuat banyak regulasi mengenai pengembangan anak. Hal ini menunjukkan ada upaya pihaknya untuk memperbaiki kesejahteraan anak di RRC.

| Baca Juga:  Sering Disinggahi Penyu Bertelur, Pokdarwis Pantai Sanggar Selamatkan Dari Predator

“Kita juga banyak regulasi perlindungan anak, artinya kita ada progress untuk melindungi anak,” tuturnya.

Perwakilan Divisi Perlindungan anak Kementrian Urusan Sipil Republik Rakyat China bersama dengan perwakilan Unicef selain datang ke Unit Layanan Terpadu Perlindungan Sosial Anak Integratif (ULTPSAI)Tulungagug juga melakukan kunjungan ke RSUD Dr Iskak Tulungagung.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here