Beranda Peristiwa Warga Disengat Tawon Vespa, Damkar Kabupaten Blitar Evakuasi Sarang dari Atap Kamar...

Warga Disengat Tawon Vespa, Damkar Kabupaten Blitar Evakuasi Sarang dari Atap Kamar Mandi

BERBAGI
petugas damkar Kabupaten Blitar memakai pakaian khusus untuk mengevakuasi sarang tawon ndas. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Blitar mengevakuasi sarang tawon ndas atau tawon vespa dari atap kamar mandi warga, Kamis (5/12/2019).

Sarang tawon tersebut berada di rumah warga di Desa Gledug Sanankulon Kabupaten Blitar. Saat mengevakuasi sarang tawon sebesar kepala orang dewasa tersebut, petugas terlihat mengenakan pakaian khusus.

Menurut Kasi Penanggulangan Bencana Kebakaran Satpol PP Kabupaten Blitar, Tedi Prasojo, awalnya warga berniat membersihkan sarang tersebut sendiri. namun karena tidak memiliki peralatan, niat tersebut urung dilakukan.

| Baca Juga:  Hujan Deras Akibatkan Dua Lingkungan di Sutojayan Blitar Juga Terendam Banjir

“Tadi kami menerima telepon dari pemilik rumah untuk mengevakuasi sarang tawon. Pemilik rumah sebenarnya hendak membersihkan sendiri namun tidak memiliki peralatan lengkap sehingga memanggil kami,” terang Tedi.

Awalnya pemilik rumah menemukan sarang tawon menggantung di belakang rumah. Edi sempat mencoba menghilangkan sarang namun disengat. Merasa tak mampu, ia lalu memanggil petugas pemadam kebakaran.

Begitu tiba di lokasi, petugas pemadam kebakaran melakukan survey. Kemudian dua orang petugas menggunakan pakaian khusus memanjat tangga yang telah disiapkan sambil membawa sebuah karung.

| Baca Juga:  Tidak Kunjung Diperbaiki, Warga Tanami Jalan Desa Dengan Pohon Pisang

Dengan cepat, petugas lalu membungkus sarang tawon vespa tersebut dengan karung. Begitu terbungkus, sarang tawon itu lalu dijauhkan dari lokasi. “Kami pastikan tawon ndas tidak mengganggu warga yang lain,” tutup Tedi.

Untuk diketahui, tawon jenis ini sebelumnya juga diberitakan mengganggu beberapa daerah provinsi Jawa Tengah. Tawon ndas ini dirasa meresahkan karena menyerang warga di sekitar sarangnya berada.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here