Beranda Pemerintahan Calon Pengantin di Tulungagung Mulai Diwajibkan Test Urine

Calon Pengantin di Tulungagung Mulai Diwajibkan Test Urine

BERBAGI
Kepala BNN Tulungagung, AKBP Sudirman. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Persyaratan wajib test urine bagi calon pengantin akan mulai diterapkan di Tulungagung. KUA Kecamatan Kedungwaru menjadi KUA pertama yang bakal melaksanakan peraturan ini.

Kepala BNN Tulungagung, AKBP Sudirman mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kemenag Tulungagung untuk membahas syarat tambahan bagi calon pengantin ini. Hasilnya, KUA Kedungwaru yang secara geografis letaknya dekat dengan kantor BNN menjadi KUA pertama di Tulungagung yang menerapkan peraturan ini.

Selanjutnya menurut Sudirman, akan dilakukan analisa dan evaluasi untuk pelaksanaanya di seluruh KUA yang ada di wilayah Tulungagung. “3 bulan lagi akan dievaluasi. Selanjutnya akan dilaksanakan di seluruh Tulungagung,” ucap Sudirman.

| Baca Juga:  Bawa Ratusan Gram Sabu, Kurir Asal Surabaya Ternyata Diperintah Warga Binaan Lapas Madiun

Pihaknya menjelaskan, teknis dalam pelaksanaan test urine ini nantinya calon pengantin tinggal menunjukkan bukti bahwa mereka akan menikah ke petugas BNN. Mereka diwajibkan membawa test kit yang mereka beli sendiri di apotik.

Test kit yang dimaksud harus standar dengan 6 indikator seperti yang biasa digunakan BNN saat melakukan rapid test. “Harganya test kit Rp 150 ribu per satu unit. Pengerjaan tes di BNN gratis tidak dipungut biaya,” ungkap Sudirman, Sabtu (11/1/2020).

Jika dalam tes tersebut calon pengantin diketahui positif menggunakan narkoba, maka pihaknya akan melakukan assesment tanpa menganggu jadwal pernikahan. “Nikah silahkan tetap lanjut, assesment yang kita lakukan sesuai prosedur BNN,” jelasnya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor : Yusuf Saputro