Beranda Hukum Kriminal Polisi Buru Pemasok Ayam Tiren Olahan di Blitar

Polisi Buru Pemasok Ayam Tiren Olahan di Blitar

BERBAGI
Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela menujukkan barang bukti bahan untuk mengolah bangkai ayam. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Polisi hingga kini masih memburu seorang pemasok bangkai ayam yang diedarkan dua warga Jalan Jati Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Adanya pemasok itu disebut kedua pelaku pengedar ayam bangkai atau tiren (mati kemaren), Imam Waluyo dan Antok Wasono saat dimintai keterangan oleh polisi.

“Dua tersangka ini kan membeli, mengolah dan menjual. Nah untuk penjualnya yang mereka sebut pengepul juga akan kami proses hukum,” ungkap Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, Jumat (10/1/2020).

Pengepul inilah yang diduga mengambil ayam-ayam mati dari peternak yang ada di Blitar. Dengan alasan untuk memberi makan ternak babi. Namun kenyataannya bangkai ayam itu diperjualbelikan dan diolah kembali untuk dijadikan konsumsi manusia.

| Baca Juga:  Ayam Tiren di Blitar Diolah Pakai Kunyit Dijual ke Pasar Pedesaan

“Kedua pelaku ini mengaku sudah enam bulan menjalankan perbuatannya. Mereka memasarkan ke pasar-pasar tradisional di pedesaan,” imbuhnya.

Keduanya memiliki peran berbeda dalam mengedarkan bangkai ayam tersebut. Imam Waluyo membeli bangkai ayam dari seorang pengepul seharga Rp 5.000/ekor. Kemudian dibersihkan bulu dan jerohannya lalu dijual lagi kepala Antok seharga Rp 10.000.

Antok kemudian mengolah kembali bangkai ayam tersebut menggunakan kunyit dan ketumbar, kemudian dijual lagi seharga Rp 20.000 hingga Rp 30.000/ekor.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here