Beranda Politik 2 Calon Independen Walikota Blitar Siap Bertarung

2 Calon Independen Walikota Blitar Siap Bertarung

BERBAGI
Pasangan bakal calon Walikota -Wakil Walikota Blitar dari jalur independen, Purnawan Buchori - Indri Kuswati. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Dua pasangan bakal calon Walikota Blitar dari jalur independen resmi menyerahkan berkas pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU setempat. Kedua pasangan yakni Purnawan Buchori-Indri Kuswati dan Lisminingsih-Teteng Rukmo Condrono.

Pasangan Purnawan Buchori-Indri Kuswati menyerahkan berkas dukungan calon perseorangan ke KPU Kota Blitar, Sabtu (22/2/2020). Purnawan, yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Walikota Blitar itu membawa sebanyak 13.024 dukungan.

“Kami menyerahkan berkas dukungan berupa blanko B1 dan foto kopi pendukung sebanyak 13.024 dukungan. Jadi jumlah dukungan yang kami serahkan sudah melebihi jumlah minimal yang ditetapkan KPU sebanyak 11 ribu,” ungkap Purnawan.

Penyerahan berkas ke KPU ini sekaligus menjadi tanda kesiapan dan keseriusannya maju Pilwali Blitar 2020 lewat jalur independen. Dia meyakini dukungan masyarakat yang diberikan kepadanya adalah dukungan yang berkualitas.

| Baca Juga:  Pasien Positif Corona Pertama di Kota Blitar Dinyatakan Sembuh

“Tim kami hanya mencari pendukukung yang ikhlas dan murni mendukung. Kami harap kemurnian dukungan ini terbawa hingga ke proses verifikasi bahkan sampai ke bilik suara,” imbuhnya.

Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam dikonfirmasi AGTVnews.com menjelaskan, Purnawan Buchori-Indri Kuswati merupakan pasangan kedua yang menyerahkan berkas dukungan ke KPU Kota Blitar.

Sebelumnya pasangan yang maju lewat jalur perseorangan lainnya juga telah menyerahkan berkas dukungan. Mereka adalah pasangan Lisminingsih dan Teteng Rukmo Condrono. Pasangan ini menyerahkan jumlah dukungan sebanyak 12.500.

| Baca Juga:  Jelang Pilbup, KPU Kabupaten Kediri Tanda Tangani MoU dengan Kejaksaan

“Iya, hari ini kita menerima paslon yang kedua untuk perseorangan setelah kemarin ada tim dari Bu Lis dan Pak Teteng. Prosesnya sudah kita cek jumlah berkas, kita registrasi dan nanti akan dicek jumlah dukungan minimal dan kesesuaian berkas,” tutur Umam.

Untuk diketahui, syarat dukungan minimal calon perseorangan di Kota Blitar ialah 11.355 atau sepuluh persen dari 113.544 jumlah Daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Blitar. Dukungan bakal calon perseorangan itu harus tersebar minimal di dua kecamatan. Syarat dukungan yang diserahkan berupa berkas dukungan yang dilengkapi fotocopy KTP dan bertanda-tangan.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro