Beranda Advetorial Antisipasi Bencana, Pemkab Kediri Tanam Ratusan Pohon di Lereng Kelud

Antisipasi Bencana, Pemkab Kediri Tanam Ratusan Pohon di Lereng Kelud

BERBAGI
Bupati Kediri melakukan aksi tanampohon, sebagai bentuk kepedulian agarterhindardari bencana tanah longsor dan banjir.(foto:wiji guntoro)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Kediri terus melakukan upaya untuk mencegah terjadinya bencana tanah longsor dan bajir di wilayahnya. Satu diantaranya dengan melakukan penanaman pohon di lereng gunung Kelud.

Kegiatan penghijauan ini, dilakukan Bupati Kediri Haryanti Sutrisno, di sirkuit trail gunung Kelud di Kecamatan Ngancar Kabupaten Ngancar Kabupaten Kediri, Jumat ( 28/2/2020). Aksi tanam 892 pohon ini sekaligus dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1216 tahun 2020.

Bupati Kediri mengatakan penghijauan di lereng Kelud ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga alam. Penghijauan ini tidak bisa hanya dilakukan pemerintah namun juga bersama masyarakat untuk menjaganya.

| Baca Juga:  Semarakan Hari Jadi, Pemkab Kediri Gelar Job Fair 2019

“Saya harapkan semua desa bisa mengajak warganya untuk menjaga kelestarian alam. Kan ada dana desa, paling tidak 1 miliar, bisa disisihkan untuk penghijauan.Selama ini banyak yang menebang pohon secara liar,terus mengubah tanaman pohon penyerap air menjadi nanas,imbasnya bisa dilihat sumber air mengecil dan juga rawan erosi,kita sendiri yang harus menjaga alam,”ujarnya.

Bupati menambahkan untuk daerah yang rawan longsor selain harus ditanami pepohonan juga bisa ditanami rumput jenis narwastu atau akar wangi yang akarnya bisa memanjang.

“Saya himbau siapapun jangan menebang pohon secara liar. Kalau memang terpaksa harus memotong, maka setiap pohon yang dipotong harus diganti dengan menanam 3 pohon,”tegasnya.

| Baca Juga:  Semarak Pekan Budaya 2019 Menarik Antusiasme Ribuan Wisatawan

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti mengatakan lokasi penghijauan di Kabupaten Kediri ada di 3 titik dengan jenis dan karakter tanamannya yang berbeda. Tanaman ini disesuaikan dengan kebutuhan lahannya.

“Jumlah total 892 bibit, jenis yang ditanam di 3 titik itu beda, kalau yang dikawasan sirkuit kita tanam jenis pohon cakaranda sekaligus sebagai pembatas. Sedangkan untuk daerah sumber air ada jenis pohon pule, pucung, aren dan ada preh. Kemudian ditepi batas kita gunakan buah yakni nangka,sirsak dan juwet,” jelasnya.

Kegiatan penghijauan tersebut diikuti dari TNI ,Polisi,Pelajar,dan warga desa setempat. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri