Beranda Ekonomi Bisnis Cabai Mahal Diprediksi Sampai Maret

Cabai Mahal Diprediksi Sampai Maret

BERBAGI
blitar hari ini

AGTVnews.com – Harga cabai terus merangkak naik memasuki musim penghujan tahun 2020 ini. Serangan hama lalat dan Virus Gemini pada tanaman cabai, ditengarai menjadi penyebab minimnya pasokan.

Kasi Pembenihan dan Perlindungan Hortikultura Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Kediri, Arahayu Setya Adi mengungkapkan, sejak musim pancaroba hingga musim hujan saat ini, banyak serangan hama pada tanaman cabai.

Hampir seluruh sentra cabai di Kabupaten Kediri mengalami hal serupa. Seperti di daerah Kecamatan Pagu, Kepung dan Puncu.

| Baca Juga:  Bulog Hentikan Operasi Pasar Cabai Murah

“Harga cabai memang terus merangkak naik. Ini disebabkan pasokan berkurang akibat serangan hama,” ungkap Adi, Sabtu (1/2/2020).

Ditambahkan Adi, serangan hama lalat dan virus Gemini pada tanaman cabai dialami petani di dataran tinggi. Dampak serangan berupa tanaman kerdil dan buah cabai busuk..

Di Kabupaten Kediri saat ini harga cabai rawit merah ditingkat petani masih di kisaran Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu per kilogram.

Sedangkan ditingkat pedagang mencapai Rp 75 ribu perkilonya. Harga tersebut masih berkemungkinan naik tergantung dari stok petani. Harga tersebut dipantau di Pasar Induk Pamenang Kecamatan Pare, Sabtu (1/2/2020).

| Baca Juga:  Cabai Impor Murah Beredar Di Pasar Blitar

“Kita sudah berkoordinasi dengan sentra penghasil cabai yaitu Probolinggo,Tuban dan Blitar. Semuanya mengalami penurunan pasokan. Kemungkinan bias normal pada panen raya bulan maret,” tambah Adi.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor  : Yusuf Saputro

Simak Video Berita Ini: