Beranda Politik Ini Cara KPU Jaga Netralitas PPK dalam Pilbub Kediri

Ini Cara KPU Jaga Netralitas PPK dalam Pilbub Kediri

BERBAGI
Tes wawancara pemilihan calon anggota PPK digelar oleh Komiisoner KPU Kabupaten Kediri. (foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Ratusan calon Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Kabupaten Kediri yang lolos wawancara akan mendapat uji tanggapan masyarakat mengenai riwayat mereka. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui PPK yang lolos tersebut pernah terlibat dalam tim sukses, pengurus partai maupun tindakan kriminal.

Sebelumnya 260 peserta mengikuti uji wawancara Panitia Pemilu Kecamatan yang digelar di Kantor KPU Kabupaten Kediri. Peserta yang lolos 10 besar akan diumumkan di masing-masing kecamatan untuk mendapat tanggapan dari masyarakat pada tanggal 15 Pebruari mendatang.

| Baca Juga:  Seperti Ini Pelaksanaan PSL di Kabupaten Kediri

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Partisipasi Masyarakat, Nanang Qosim mengatakan, tahapan tanggapan masyarakat tersebut merupakan salah satu langkah untuk menjaga netralitas calon PPK.

“Dari jumlah 10 besar tiap kecamatan akan dipilih 5 orang yang akan mengisi komposisi dan struktur PPK. Jika terbukti positif saat tanggapan masyarakat, mereka akan diganti urutan terbaik berikutnya,” ujarnya, Rabu (12/02/2020).

Rencananya Panitia Pemilu Kecamatan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri akan dilantik pada 29 Februari 2020.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor : Yusuf Saputro