Beranda Peristiwa Perguruan Ma’arif NU Kota Blitar Sholat Gaib untuk Gus Sholah

Perguruan Ma’arif NU Kota Blitar Sholat Gaib untuk Gus Sholah

BERBAGI
Ratusan siswa dan guru di Perguruan Maarif NU Kota Blitar menggelar sholat goib untuk KH Solahuddin Wahid. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Ratusan siswa dan pendidik Perguruan Ma’arif NU Kota Blitar menggelar sholat gaib untuk Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang wafat pada Minggu 2 Februari 2020 malam. Sholat gaib dimulai sekitar pukul 12.00 WIB saat jam istirahat kegiatan belajar mengajar.

Dimulai dengan sholat dzuhur para siswa dan guru kemudian melanjutkan dengan melakukan sholat gaib ditutup dengan do’a bersama.

Muhamad Khoirul Mustain pengasuh pondok pesantren putra di Perguruan Ma’arif NU mengatakan, meninggalnya KH Salahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah menjadi kabar duka bagi Bangsa Indonesia. Utamanya bagi warga NU yang kehilangan salah satu tokoh NU.

| Baca Juga:  Batu Relief di Situs Candi Gedog Mirip Relief Candi Panataran dan Candi Jabung

“Kami sebagai lembaga pendidikan, sebagai santri di bawah naungan NU sangat merasa kehilangan dengan berpulangnya KH Salahuddin Wahid. Untuk itu hari ini kami bersama-sama menggelar sholat gaib dan mendoakan beliau,” terang Muhamad Khoirul Mustain.

Dia menambahkan, semasa hidup adik KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu dikenal aktif dalam dunia pendidikan, politik dan sebagai aktivis yang memperjuangkan hak asasi manusia (HAM).

“Yang paling berkesan bagi kami Gus Sholah itu bukan hanya kyai dan tokoh NU. Lebih dari itu beliau adalah salah satu tokoh yang sangat aktif di dunia pendidikan, politik maupun penegakan HAM. Kami berharap kedepan akan lahir tokoh-tokoh seperti beliau,” terangnya.

| Baca Juga:  Pernah Kontak Erat dengan Balita Berstatus PDP, 4 Orang di Kota Blitar Jalani Isolasi

Selain di Perguruan Ma’arif NU Kota Blitar sholat gaib sebelumnya juga digelar dilaksanakam oleh seluruh pelajar dan guru di MTsN 2 Blitar. Salat gaib digelar seluruh pelajar dan guru sekitar pukul 09.30 WIB. Usai sholat gaib, digelar doa bersama yang dipimpin oleh Kepala MTsN 2 Blitar untuk mendoakan arwah Gus Sholah.

“Sholat gaib ini sebagai bentuk penghormatan kami kepada Gus Sholah. Beliau adalah sosok tokoh agama yang kharismatik dan menjadi panutan bagi kita,” ungkap Kepala MTsN 2 Blitar, Sihabbudin.

Sebelumnya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga meminta seluruh warga Nahdliyyin melaksanakan sholat ghoib untuk Gus Sholah.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro