Beranda Politik Pilbup Kediri Tanpa Calon Independen

Pilbup Kediri Tanpa Calon Independen

BERBAGI
Rahmad Mahmudi (berpeci), salah satu calon bupati dari jalur perseorangan menyatakan mundur karena kurang dukungan.(foto:wiji guntoro)

AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri telah menutup pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati Kediri jalur perseorangan atau independen, Minggu (23/2/2020) pukul 24.00 WIB.

KPU Kabupaten Kediri mensyaratkan bakal calon independen minimal harus mengantongi 79.715 suara. Namun hingga detik terakhir pendaftaran, tidak satupun bakal calon independen yang bisa memenuhi.

Satu diantara calon independen, yang menyerah dan menyatakan mundur adalah Rahmad Mahmudi. Rahmad menyatakan tidak mampu memenuhi persyaratan tersebut.

“Kami telah berusaha maksimal,tapi faktanya tidak bisa terpenuhi. Jumlah dukungan yang kami dapat 67.915 fotokopi KTP, kurang 12 ribu untuk memenuhi persyaratan minimalnya,” ujarnya saat mendatangi kantor KPU Kabupaten Kediri.

| Baca Juga:  KPU Kabupaten Kediri Launching Mobil Pintar Pemilu Digital

Sementara itu, komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Teknis, Anwar Anshori mengatakan, KPU Kabupaten Kediri telah memberikan fasilitas maksimal untuk calon bupati yang mendaftar lewat jalur Independen.

“Kami juga telah memberikan pendampingan kepada operator tim Silon, memberikan bimbingan teknis dan pemantauan kesiapan. Namun ternyata hingga batas waktu terakhir persyaratan bagi calon independen ini tidak mencukupi,” jelasnya.

Diketahui, ada beberapa bakal calon yang sebelumnya akan maju dari jalur perseorangan ini diantaranya Rahmad Mahmudi, Subani-Burhanuddin, Joko Riyanto-Edi Purnomo dan pasangan gabungan baru Joko Riyanto- Subani.

| Baca Juga:  Pemilihan Bupati Kediri, KPU Tetapkan 130 PPK

Dengan mundurnya para calon independen ini, dipastikan perhelatan Pilkada Kabupaten Kediri hanya diikuti dari jalur politik. Pendaftaran dari jalur ini baru akan dibuka pada Juni mendatang.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma