Beranda Tips Trik Saat Tepat Gosok Gigi, Waktu Mandi?

Saat Tepat Gosok Gigi, Waktu Mandi?

BERBAGI
aktifitas menggosok gigi bagi anak-anak. (foto: ist)

AGTVnews.com – Gosok gigi adalah kegiatan yang biasa kita lakukan. Apakah itu di pagi hari ataukah di malam hari. Namun ternyata ada beberapa waktu yang pas untuk kita melakukan aktifitas ini. Sebenarnya waktu kapan saja sih yang pas untuk kita membersihkan gigi.

Merangkum dari beberapa sumber, ternyata waktu yang pas adalah di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum kita tidur. Ada beberapa hal yang bisa kita jaga saat menggosok gigi di dua waktu tersebut.

| Baca Juga:  Kasus Kematian Bayi Arza, Dinas Kesehatan Lakukan Investigasi

Terhindar dari tumpukan gula yang disuka bakteri

Gula dalam makanan kita memberi makan bakteri yang tinggal di plak gigi. Bakteri akan mengubah gula menjadi asam dan mengikis gigi menjadi berlubang.

Para ahli menyarankan agar orangtua menghindari untuk memberi anak-anak minuman bergula, termasuk jus, dan justru memberi mereka susu atau air biasa saja.

Jangan gosok gigi setelah makan

Tidak perlu menggosok gigi terus menerus. Hal ini justru akan merusak lapisan gigi. Biarkan gigi beristirahat selama 30 menit setelah makan.

| Baca Juga:  Bayi Mati Mendadak, Pihak Rumah Sakit Akui Ada Keteledoran

Sementara di pagi hari, jangan langsung menggosok gigi. Pada saat itu masih ada beberapa bakteri yang di mulut. Lebih baik biarkan gigi mengunyah sesuatu terlebih dahulu, atau paling tidak minum air putih.

Aktifitas ini akan membuat bakteri dalam mulut, masuk dalam saluran pencernaan dan ikut terbuang melalui urine ataupun feses.

Bagi kalian yang mungkin selama ini memiliki kebiasaan yang berbeda, yuk diubah. Biar gigi jadi lebih sehat dan kuat. (*)

Editor: Yusuf Saputra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here