Beranda Advetorial Tingkatkan Ekonomi, Pemkab Kediri Berdayakan Perempuan Melalui UMKM

Tingkatkan Ekonomi, Pemkab Kediri Berdayakan Perempuan Melalui UMKM

BERBAGI
kegiatan ibu-ibu Kirana Raya membuat tas anyaman yang sangat laku di pasaran. (foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Sosial Kabupaten Kediri memberikan pelatihan ketrampilan kerajinan tangan kepada sejumlah ibu rumah tangga. Mereka tergabung dalam kelompok kerja Kirana Raya di Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.

Pelatihan yang diberikan sebagai salah satu upaya dari pemerintah setempat untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakatnya. Dari pelatihan yang didapat kelompok kerja ini bisa menghasilkan omset antara Rp 3 juta hingga Rp 4 juta setiap bulannya.

Ada beberapa produk yang dihasilkan kelompok kerja Kirana Raya ini. Beberapa produk tersebut diantaranya tas anyaman, tas canvas, tikar mikro dan tas hajatan. Produk-produk ini dipilih karena tingginya permintaan dari masyarakat.

| Baca Juga:  Tingkatkan Kinerja, Bupati Kediri Lantik Belasan Pejabat

Satu diantara anggota kelompok kerja, Sri Wahyuni mengatakan sangat senang dengan program dari pemerintah daerah tersebut. Dengan pelatihan tersebut, dirinya dan ibu-ibu lainnya bisa mendapat penghasilan lebih.

“Kami berharap ada pelatihan lagi tapi dalam bidang lain semisal pemasaran dengan cara media online atau pameran yang skala lebih besar,”jelasnya.

Sementara itu, dinas sosial melalui Sekretaris Desa Nanggungan Fitra Sandi Anfala mengatakan, pemerintah memfasilitasi dengan pemberian bantuan untuk pengembangan produk dari Kelompok Kerja Kirana Raya.

“Kita juga memberikan bantuan mesin jahit. Bantuan ini karena tingginya antusias para ibu-ibu di desa ini,” ucap Fitra.

| Baca Juga:  Koni Kabupaten Kediri Targetkan 18 Medali di Porprov Jatim

Ditambahkan Fitra, pelatihan ini memang ditujukan untuk pemberdayaan perempuan Nanggunan, yang rata-rat sebagai petani dan buruh.

“Agar para wanita ini bisa memanfaatkan waktu luangnya, sehingga mendapat penghasilan tambahan,” pungkasnya.

Melalui pemberdayaan ini diharapkan kehidupan ekonomi warga akan semakin meningkat. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri