Beranda Peristiwa Tumpukan Batu Bata Kuno Ditemukan di Area Lahan Pembangunan Bandara Kediri

Tumpukan Batu Bata Kuno Ditemukan di Area Lahan Pembangunan Bandara Kediri

BERBAGI
tumpukan batu bata kuno ditemukan di Desa Grogol yang masuk wilayah terdampak pembangunan Bandara Kediri. (foto: tim liputan)

AGTVnews.com – Sebuah temuan mengejutkan di dapat di lahan terdampak pembangunan bandara Kediri. Tumpukan batu bata kuno ditemukan di Dusun Tanjung Etan Desa Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Struktur batu bata kuno ini diyakini sebagai candi tempat pemujaan era peninggalan jaman kerajaan.

Diduga struktur bangunan ini merupakan irigasi atau sistem pengairan. Sementara untuk cluster yang lebih luas diduga sebagai tempat pemujaan atau peribadatan.

Menurut Kabid Sejarah dan Purbakala Disbudpar Kabupaten Kediri, Yuli Marwantoko, untuk memastikan fungsi dan kegunaan struktur bangunan yang ditemukan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan.

| Baca Juga:  Car Free Night, Sedot Antusiasme Ribuan Warga

“Struktur tumpukan batu bata tersebut terdiri dari 31 lapis, dengan ada beberapa ruangan di dalamnya. Salah satu bagian terdapat terowongan dengan dalam sekitar 20 cm,” jelas Yuli.

Desa Grogol menjadi salah satu wilayah terdampak pembangunan bandara Kediri. Dengan adanya temuan struktur bangunan tersebut diperkirakan masih ada struktur bangunan kuno lainnya yang belum diketahui keberadaannya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri masih melakukan koordinasi. Terlebih lahan tersebut sudah dibebaskan dan menjadi lahan Proyek Strategis Nasional.(*)

Reporter: Tim Liputan
Editor: Yusuf Saputro

|simak video berita terkait :