Beranda Tips Trik Antisipasi Corona Dengan Ramuan Herbal Ini Asal…

Antisipasi Corona Dengan Ramuan Herbal Ini Asal…

BERBAGI
asman toga di Blitar kewalahan melayani pesanan empon-empon dari sejumlah daerah sebagai penambah daya tahan tubuh.(sumber: web pemkab blitar)

AGTVnews.com – Penyebaran virus corona bisa diantisipasi dengan selalu menjaga kebersihan diri dan juga menjaga daya tahan imunitas . Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti selalu mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan dan juga mengkonsumsi makanan yang menyehatkan.

Selain itu, konsumsi jamu herbal yang berasal dari tanaman rimpang dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini mejadi trend baru di masyarakat. Mereka tidak hanya memburu sembako namun juga memburu empon-empon seperti jahe, kunyit, sereh serta temulawak.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Dr. Christine Indrawati, empon-empon memang tidak bisa membunuh virus corona, namun bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

| Baca Juga:  Geger, Tanaman Warga Blitar Selatan Dibuldozer Untuk JLS

“Yang paling umum biasanya jahe dan sereh yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh,” kata Dr Christine, Kamis (5/3/2020).

Meski begitu, Christine mengimbau agar masyarakat mengkonsumsi empon-empon secara bijak. Meskipun dapat meningkatkan daya tahan tubuh namun konsumsi empon-empon secara berlebihan justru dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

“Kalau untuk dosisnya sebaiknya memang jangan berlebihan cukup satu kali sehari. Jadi konsumsi yang sewajarnya saja dan belinya juga sewajarnya saja tidak perlu memborong stok di pasaran,” jelasnya.

Selain itu masih banyak juga cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh selain mengkonsumsi empon-empon. Asalkan makan bergizi, rutin olahraga, istirahat cukup dan kelola stres. Hal ini sudah sangat membantu menjaga daya tahan tubuh,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Bukan Rujukan Namun Pemkab Ponorogo Jamin Semua Rumah Sakitnya Miliki Ruang Isolasi

Christine mengaku, selain laris manis di sejumlah pasar tradisional, empon-empon yang ditanam oleh Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) asuhan Pemkab Blitar juga kuwalahan melayani pembeli. Bahkan dari 50 Asman Toga di Kabupaten Blitar beberapa diantaranya ada yang sampai mendapat pesanan dari luar daerah.

“Saya tanya ke beberapa pengelola Asman Toga, memang ada peningkatan pembelian bahkan ada yang skalanya besar-besaran. Dari sisi harga otomatis sesuai hukum ekonomi harganya jadi naik berlipat-lipat,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma