Beranda Peristiwa Asyik Tenteng Rambu Lalin, Orang Ini Ternyata…

Asyik Tenteng Rambu Lalin, Orang Ini Ternyata…

BERBAGI
rambu jalan yang dibawa oleh ODGJ. (sumber: Fp Dishub Kab Blitar)

AGTVnews.com – Sebuah unggahan video di Facebook menunjukkan adanya seorang laki-laki yang tengah asyik menenteng buntalan kain. Sementara di pundaknya terdapat sebuah rambu-rambu lalu lintas yang terlihat masih bagus.

Unggahan di FP Dishub Kab Blitar ini ternyata merupakan kejadian sebenarnya. Kejadian itu diunggah pada, Rabu (11/3/2020). Terlihat petugas menghentikan laki-laki yang terlihat dekil tersebut dan meminta rambu-rambu yang dibawanya.

Menurut Kabid Teknik Sarana dan Pengembangan Transportasi Dishub kabupaten Blitar, Bayu Aji, kejadian tersebut ditemukan sendiri olehnya di wilayah Srengat Kabupaten Blitar.

| Baca Juga:  Longsor Rusak Rumah di Gandusari Blitar

“Kita lihat ada laki-laki kok membawa rambu lalu lintas. Asalnya rambu darimana ini. Kita kejar dan kemudian kita hentikan,” jelas Bayu.

Bayu menambahkan, saat diminta keterangan laki-laki tersebut tidak bisa menjawab dengan pasti. “kalau dilihat dan ditanya-tanya, sepertinya orang yang bawa ini ODGJ,” ucapnya.

Setelah dilakukan penelurusan ternyata, rambu tersebut didapat ODGJ dari wilayah Poluhan Srengat yang berjarak sekitar 5 km dari penemuan petugas.

Dikatakan Bayu, temuan ini diunggah di media sosial sebagai pembelajaran kepada masyarakat. Bahwa rambu-rambu ini sangat penting, dan tidak bisa diambil sembarangan. Jika terbukti melakukan pengrusakan, selain diserahkan kepada petugas kepolisian, juga akan mendapat denda sebesar Rp 50 juta.

| Baca Juga:  Waspada, April Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem di Blitar

“Petugas rutin melakukan pengecekan fasilitas jalan. Selain itu juga adanya penggunaan aplikasi e-traffic yang fungsinya untuk menginvetarisi fasilitas jalan,seperti tempat, kondisi terakhir, dan perawatan yang dilakukan,” ucapnya.

Karena pelaku pembawa rambu ini adalah ODGJ petugas hanya melepaskan saja. Namun jika ditemukan adanya kesengajaan untuk melakukan perusakan rambu-rambu jalan, maka akan akan ada sanksi hukumannya.(*)

Editor: Linda Kusuma