Beranda Politik Calon Incumbent Rijanto-Marhaenis Pasangan Calon Terpopuler

Calon Incumbent Rijanto-Marhaenis Pasangan Calon Terpopuler

BERBAGI
survey yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Balitar (UNISBA). (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Pasangan calon incumbent Rijanto-Marhaenis muncul menjadi pasangan akalcalon terpopuler di Blitar versi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Balitar (UNISBA).

Popularitas keduanya mencapai angka 76 persen, 11 persen lainnya menjawab tidak setuju dan 13 persennya menjawab tidak tahu.

Sementara untuk popularitas ketokohan yang paling dikenal warga Kabupaten Blitar, nama Rijanto juga bertengger di peringkat pertama dengan hasil survei mencapai 26 persen disusul Marhaenis Urip Widodo dengan hasil survei 23 persen. Di bawahnya terdapat sejumlah tokoh lain seperti Mak Rini, Heri Romadhon, dan Guntur Wahono.

Perwakilan LPPM UNISBA Blitar, Anam Miftakhul Huda mengatakan survei itu menggunakan metode stratified multistage random sampling. Dimana jumlah sampel dalam survey itu adalah 492 responden dengan margin of error 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengambilan data survei atau penentuan responden dilapangan dilakukan pada 23 – 26 Februari 2020.

| Baca Juga:  Hujan Angin, SD di Blitar Hancur Tertimpa Pohon Tumbang

“Metode pengumpulan data dari responden terpilih yang memiliki hak pilih minimal berusia 17 tahun, melalui kuisioner dan wawancara dengan 2 responden tiap desa,” tutur Anam, Senin (2/3/2020).

Dijelaskannya penentuan 2 responden tiap desa dilakukan acak yang terdekat di kantor desa setempat. Kabupaten Blitar terdiri dari 22 kecamatan dan 248 desa/kelurahan, serta jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 943.842.

“Seharusnya total ada 496 responden, tapi ada 2 desa yang kuisionernya error di Kecamatan Kademangan maka hanya 492 responden,” paparnya.

Anam menambahkan, secara keseluruhan survei tersebut memunculkan empat nama besar diantaranya Rijanto dengan presentase mencapai 38 persen, kemudian Marhaenis Urip Widodo 34 persen, Mak Rini 18 persen, dan terakhir Heri Romadhon 9 persen.

| Baca Juga:  Heboh Anak Sapi di Blitar Lahir Berkepala Dua

Selain 4 nama itu juga ada sejumlah nama popularitas kandidat lainnya, seperti Abdul Aziz (kang Aziz), Gus Dain, Guntur Wahono, Abdul Munif, Tatas Alisjahbana, Suswati, M Trijanto, Sugianto, dan Bagus Nico.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma