Beranda Peristiwa Ini Kebersamaan Antar Agama di Kota Blitar Lawan Pandemi Corona

Ini Kebersamaan Antar Agama di Kota Blitar Lawan Pandemi Corona

BERBAGI
penyemprotan desinfektan di gereja Santa maria Kota Blitar. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Puluhan anggota Pemuda Ansor dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Blitar berkeliling sejumlah tempat ibadah antar agama di Kota Blitar, Minggu (29/3/2020).

Sebanyak 50 pemuda ini, berkeliling ke beberapa tempat ibadah untuk menyemprotkan cairan desinfektan. Cairan desinfektan tersebut disemprotkan di masjid, musala, gereja, vihara dan klenteng yang ada di daerah tersebut.

Ketua Ansor Kota Blitar Hartono mengatakan, hal ini dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi warga Kota Blitar, baik warga muslim maupun non-muslim.

Menurut dia, memutus mata rantai penyebaran virus Corona merupakan tanggung jawab bersama, tanpa memandang agama, suku dan bangsa.

| Baca Juga:  PWI Kediri Desak Presiden Lakukan Lockdown

“Kegiatan ini sudah kami gelar sejak Rabu 25 Maret lalu. Kami awali dari masjid dan musala. Hari ini kami lakukan penyemprotan di gereja yang sudah meniadakan sembahyang misa,” ungkap Hartono.

Hingga saat ini, kata dia, sudah ada 70 tempat ibadah umat muslim seperti masjid dan musala di tiga Kecamatan di Kota Blitar yang disemprot desinfektan. Sementara untuk tempat ibadah non muslim ada 30 lokasi. Salah satunya Gereja Santa Maria dan Gereja Santo Yusuf.

“Rencananya kegiatan ini akan terus berlanjut hingga penyebaran virus Corona ini mereda. Selain ke tempat ibadah kami juga menerima permintaan bantuan warga yang membutuhkan,” imbuhnya

| Baca Juga:  Pilwali Kota Blitar: PPP Digaet 4 Partai, PKB Masih Dinamis

Sementara Romo Paroki Gereja Santo Yusuf, Antonius Iwan Setiabudi mengatakan pihaknya menyambut positif tawaran Pemuda Ansor untuk menyemprot desinfektan. Kebetulan pihaknya meniadakan misa sejak tanggal 20 Maret sampai 30 April 2020 mendatang.

“Ini adalah bentuk kerja sama antar umat bergotong royong melawan virus corona. Di tengah kondisi seperti ini, Ansor dan Banser hadir untuk membantu gereja dan masyarakat lain pada umumnya,” tutur Romo Antonius Iwan. (*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma