Beranda Peristiwa Ini Rekam Jejak Perjalanan Pasien Positif Covid-19 Asal Blitar

Ini Rekam Jejak Perjalanan Pasien Positif Covid-19 Asal Blitar

BERBAGI

AGTVnews.com – Satu pasien RSUD  Kabupaten Kediri di Pare dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Pasien tersebut merupakan rujukan dari rumah sakit di Blitar.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, membenarkan adanya satu pasien positif Covid-19. Pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Bogor, Jawa Barat pada tanggal 20 Maret menggunakan kendaraan pribadi menuju Blitar.

Sesampainya di Blitar, pasien perempuan berusia 38 tahun ini menuju ke rumah orang tuanya yang berada di kecamatan di Kepanjenkidul, Kota Blitar.

“Pasien ini sudah merasakan sakit sejak tanggal 11 Maret 2020. Setelah tiba di Blitar kondisinya makin drop lantas memeriksakan diri ke rumah sakit,” jelas Yekti dalam press rilis, Minggu malam (22/3/2020).

| Baca Juga:  Karyawan Pabrik Rokok Positif Rapid Test Dipulangkan ke Kediri

Pasien tersebut melakukan pemeriksaan di RS Syuhada Haji Kota Blitar yang kemudian dirujuk ke RSI Aminah Kota Blitar.

Pada tanggal 21 Maret pasien dirujuk ke RSUD Kabupaten Kediri di Pare. Hasil pemeriksaan positif Covid-19 diketahui pada hari Minggu, 22 Maret 2020 sore.

Saat ini Pemkab Blitar melalui Dinas Kesehatan setempat melakukan sejumlah langkah. Diantaranya melakukan contact tracing atau telusuri jejak dari pasien positif.

“Kami langsung melakukan langkah-langkah. Diantaranya mengadakan pelacakan kontak erat dengan pasien. Kami sudah memiliki datanya siapa saja yang pernah kontak dengan pasien,” ungkap Yekti.

| Baca Juga:  Razia Perbatasan, Polisi Temukan Santri Mudik Kondisi Lemas

Lebih lanjut, Krisna mengatakan Dinkes Kabupaten Blitar menganjurkan orang yang baru saja kontak erat dengan pasien untuk mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari.

“Selama isolasi mandiri ini kami dari Dinkes Blitar akan terus melakukan pantauan,” imbuhnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Yusuf Saputro