Beranda Ekonomi Bisnis Lukis Jaket, Laki-laki di Kediri Dapat Untung Jutaan per Bulan

Lukis Jaket, Laki-laki di Kediri Dapat Untung Jutaan per Bulan

BERBAGI
hasil lukisan Slamet di sepatu kanvas. (foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Hanya dengan melukis di jaket, Slamet Mujiono warga kelurahan Mojoroto gang 8 Kota Kediri ini bisa meraup untung hingga jutaan rupiah perbulan.

Laki-laki 26 tahun ini memanfaatkan hobinya melukis anime, untuk mendapatkan penghasilan. Slamet tidak hanya menggunakan media jaket, namun juga tas dan sepatu asalkan berbahan jeans, canvas maupun parasut.

“Dari kecil saya sudah senang menggambar. Memang hobi saya menggambar terutama menggambar anime. Akhirnya sekarang malah jadi profesi,” ucap Slamet, Selasa (3/3/2020)

| simak video berita ini:

Slamet menuturkan proses yang dilakukan untuk menggambar menggunakan media jaket, tas maupun sepatu tidaklah rumit. Awalnya dirnya menggambar pola terlebih dahulu dengan pensil. Setelah sketsa selesai kemudian baru diberi warna dasar putih. Slamet menggunakan cat akrilik, karena cat ini lebih mudah dipakai dan tahan lama dibanding cat yang lain.

| Baca Juga:  Kreatif, Warga Blitar Sulap Ban Bekas Jadi Sofa Cantik

“Kalau untuk menggambar tidak butuh waktu lama, setelahnya yang cukup memakan waktu. Proses pengeringan cat memerlukan waktu lebih lama, meskipun itu tidak sampai berhari-hari. Butuh waktu beberapa jam, untuk menunggu cat ini kering,” jelasnya.

Dalam satu hari, Slamet mampu mengerjakan dua pesanan jaket, tergantung kerumitan gambar yang diminta pelanggan.

“Tarifnya bervariasi sesuai kerumitan. Untuk gambar saja di kisaran Rp 80 ribu sampai 150 ribu. Sementara untuk media jaket dari harga kisaran Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu. Keuntungan bersih sekitar Rp 1,5 juta perbulan,”jelasnya.

| Baca Juga:  Corona Ancam Eksistensi Kendang Jimbe Blitar

Usaha lukis jaket ini sudah dilakoni Slamet sekitar 5 tahunan. Produk tersebut dipasarkannya melalui media sosial dan market place. Pesanan yang diterima tidak hanya dari Kediri dan sekitarnya namun juga dari Jakarta, Bandung dan Palembang.

Usaha yang dilakoni Slamet bukan tanpa kendala. Slamet kadang kesulitan menentukan lamanya produksi lukisan.

“Kesulitan saya adalah waktu saya membuat peraturan order jaket. Biasanya pesanan selesai setelah 4 hari. Kalau pesanan gambar jaketnya dibeli dari saya, saya batasi selesai 7 hari karena 3 hari itu untuk kirim barang dari pemasok jaket,” pungkasnya.

Dari hobi melukis ini, Slamet bisa mengerjakan antara 20 hingga 30 pesanan lukis jaket setiap bulan. (*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma