Beranda Pemerintahan Masuk Zona Merah Covid-19, Kabupaten Blitar Tiadakan Sholat Jumat Selama Dua Pekan

Masuk Zona Merah Covid-19, Kabupaten Blitar Tiadakan Sholat Jumat Selama Dua Pekan

BERBAGI
Ibdah shalat Jumat di kabuoaten Blitar ditiadakan selama dua pekan. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Pemkab Blitar memutuskan untuk meniadakan kegiatan shalat Jumat selama dua pekan. langkah ini diambil pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Kabupaten Blitar saat ini tercatat masuk zona merah setelah satu warganya dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Bupati Blitar, Rijanto mengatakan, kebijakan tersebut merupakan hasil koordinasi Pemkab Blitar bersama majelis ulama Indonesia (MUI) wilayah Blitar.

Sesuai himbauan MUI pusat melalui fatwa nomor 14 tahun 2020, meminta umat muslim yang tinggal di daerah pandemi corona supaya meniadakan Shalat Jumat dan menggantinya dengan sholat zuhur.

| Baca Juga:  Hujan Deras Akibatkan Dua Lingkungan di Sutojayan Blitar Juga Terendam Banjir

“Setelah melalui kajian panjang akhirnya kami memutuskan untuk Ibadah Shalat Jumat di Kabupaten Blitar ditiadakan, mengingat situasi dan kondisi tidak memungkinkan. Sambil menunggu perkembangan pelaksanaan Shalat Jumat ditiadakan selama dua pekan,” terang Bupati Blitar Rijanto, Jumat (27/3/2020).

Pemerintah daerah berharap, masyarakat menerima dan memaklumi keputusan ini demi kepentingan bersama. Keputusan ini sudah disosialisasikan ke seluruh kecamatan dan diteruskan kepada sejumlah pengurus dan takmir masjid.

“Diharapkan masyarakat tidak memaknai hal ini ke arah yang negatif tetapi memahami dan mendukung setiap kebijakan dari pemerintah demi kebaikan bersama,” tegasnya.

| Baca Juga:  Dinas Pendidikan Blitar Umumkan Sekolah Libur Besok

Bupati Blitar juga menghimbau kepada seluruh Camat agar bersinergi dengan musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) setempat. Setiap wilayah diminta untuk terus mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat sebagai langkah antisipasi Virus Corona.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here