Beranda Peristiwa Razia Perbatasan, Polisi Temukan Santri Mudik Kondisi Lemas

Razia Perbatasan, Polisi Temukan Santri Mudik Kondisi Lemas

BERBAGI
Petugas gabungan Polres Blitar, Dishub dan Dinkes Kabupaten Blitar menggelar razia di pintu masuk Kabupaten Blitar. Razia untuk mencegah masuknya wabah Covid-19, (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Petugas gabungan Polres Blitar dan Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar gencar melakukan razia kendaraan masuk ke Kabupaten Blitar. Razia untuk mencegah masuknya Orang Dengan Resiko (ODR) Covid-19 masuk ke Blitar, Sabtu (28/3/2020).

Dalam razia yang dilakukan di Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar, petugas menemukan rombongan santri dari Malang yang akan pulang ke Blitar. Di dalam rombongan ada seorang santri yang sedang mengalami demam tinggi. Saat dicek suhu tubuhya 38,5 derajat Celsius.

Selain demam tinggi, saat dicek santri tersebut juga terlihat lemas dan matanya merah. Untuk memastikan kondisi santri, petugas membawa ke Puskesmas Kesamben.

| Baca Juga:  Hilang, Wanita Paruh Baya Ditemukan Terapung di Sumur

“Jadi upaya-upaya pencegahan terus kita gencarkan. Nah, saat kami melakukan razia tadi ada bus rombongan santri dari pondok pesantren di Malang yang akan pulang ke Blitar. Semuanya kemudian dicek suhu, ternyata ada 1 santri yang demam mencapai 38,5 derajat celcius,” ungkap Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetyo.

Selain itu petugas juga menemukan rombongan minibus asal Malang, yang hendak menghadiri acara pernikahan. Mereka diminta putar balik atau kembali ke daerah asalnya.

“Sesuai instruksi presiden, maklumat Kapolri jelas dilarang adanya kegiatan pengumpulan massa atau keramaian. Jadi kami minta untuk kembali,” tegasnya.

| Baca Juga:  Curi Gabah Untuk Makan, 2 Warga Ini 'Dipolisikan'

Selain petugas Dishub dan Kepolisian, puluhan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar juga dikerahkan dalam razia tersebut.

Seluruh kendaraan yang melintas, utamanya yang bernomor polisi luar Blitar langsung dihentikan. Semua penumpang kemudian dicek suhu tubuhnya, kemudian kendaraanya disemprot cairan desinfektan.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro