Beranda Tips Trik Waspada Corona, Ketahui 5 Cara Pencegahan Virus Ini

Waspada Corona, Ketahui 5 Cara Pencegahan Virus Ini

BERBAGI
selalu cuci tangan dengan sabun.(sumber:kemenkes.go.id)

AGTVnews.com – Dua warga Indonesia diketahui terinfeksi virus corona dan saat ini tengah menjalani perawatan. Kondisi ini menimbulkan ketakutan tersendiri bagi warga Indonesia.

Gambaran virus mematikan menjadi alasan mereka untuk tidak tertular. Sebagian warga memilih untuk berdiam diri saja di rumah dan tidak melakukan banyak aktifitas di luar.

Bahkan sempat terjadi aksi panic buying di masyarakat. Mereka memborong sembako dalam jumlah besar. Sembako ini sebagai persiapan mereka saat berada di dalam rumah.

Meski virus ini dinilai tidak mematikan seperti SARS namun tetap saja menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat. Ternyata Ada beberapa hal mudah bisa kita lakukan, agar terhindar dari virus ini. Beberapa hal itu diantaranya:

1. Cuci Tangan Dengan Sabun

cuci tangan selalu ya guys.(sumber:fb)

Kegiatan mencuci tangan adalah hal yang paling mudah dilakukan. Namun perlu diingat, cuci tangan tidak hanya sekedar membasahi tangan dengan air, namun perlu juga dengan sabun. Virus ini bisa bisa menempel di permukaan bidang selama 24 jam, namun bisa dihilangkan dengan sabun.

| Baca Juga:  Pasien Positif Covid-19 Blitar Merupakan Keluarga Sekda Kabupaten Blitar

2.Jangan Pakai Masker Lebih Dari Satu Hari

jangan dipakai lebih dari satu hari ya. (sumber: Fb)

Virus yang menempel di bagian luar masker akan bisa berkembang biak dalam kurun waktu satu hari. Jadi jika masker kalian lebih dari satu hari segera buang dan ganti dengan masker yang bersih. Perlu diingat jangan sentuh bagian luar dari masker, karena di tempat itu menumpuk virus. Kalaupun sudah terpegang, jangan khawatir cuci tanganmu dengan air sabun.

3.Jangan Berbagi Makanan, Alat Makan, Gelas dan Handuk

jangan pernah berbabgi alat makan dengan orang lain ya, termasuk keluarga.(foto: Fb)

Orang yang terinfeksi virus corona tidak langsung menunjukkan gejalanya. Ada masa inkubasi 14 hari, sebelum penderita ini mengalami gejala-gejala sakit.

| Baca Juga:  Pemkot Blitar Lacak Orang yang Pernah Kontak Dengan Pasien Positif Corona

Untuk mengatisipasi hal itu, jangan pernah berbagi makanan, alat makan, gelas dan handuk dengan orang lain. Meskipun dengan orang satu rumah biasakan untuk memiliki masing-masing.

4.Usahakan Membuka dan Menutup Pintu Menggunakan Siku atau Bahu

bisa karena biasa kok guys(foto: Fb)

Siku dan bahu, adalah bagian tangan yang tidak bisa menyentuh wajah. Jadi virus tidak akan bisa masuk ke saluran pernafasan kita.

5. Jangan Biasakan Mengusap Wajah Sendiri maupun Wajah Orang Lain

selalu hati-hati dan jaga kebersihan.(foto: Fb)

Tangan yang kotor, akan dengan mudah menjadi sarang virus. Jika tangan ini menyentuh bagian wajah maka virus akan dengan gampang masuk ke saluran pernafasan kita.

Itu tadi beberapa cara gampang untuk mencegah penyebaran virus. Jaga selalu kebersihan dan selalu cuci tangan dengan sabun ya guys. (*)

Editor : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here