Beranda Peristiwa Polres Kediri Halau Pemudik Dari Surabaya

Polres Kediri Halau Pemudik Dari Surabaya

BERBAGI
Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono didampingi Kasat Lantas Polres Kediri AKP Hendrix K Wardhana memimpin penyekatan arus mudik untuk mencegah penularan virus Covid-19. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Jajaran Polres Kediri melakukan penyekatan bagi pengendara yang terindikasi hendak mudik ke daerah. Penyekatan digelar dengan sandi Operasi Ketupat Semeru 2020 yang dimulai 24 April 2020 hingga 31 Mei 2020.

Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono mengatakan, penyekatan dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Pihaknya membuat beberapa titik check point di perbatasan masuk Kabupaten Kediri.

“Bagi kendaraan yang terindikasi hendak mudik, kami kembalikan untuk putar balik. Kami sarankan untuk tidak mudik,” kata Kapolres Kediri didampingi Kasat Lantas Hendrix K Wardhana, Minggu (26/4/2020).

| Baca Juga:  3 Pegawai Positif Corona, Kantor BNN Kabupaten Blitar Tutup

Salah satu titik check point adalah Pos Mengkreng Kecamatan Purwoasri. Lokasi ini merupakan perbatasan Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Jombang dan Nganjuk.

Di lokasi tersebut, terlihat petugas gabungan menghentikan kendaraan yang terindikasi hendak mudik. Diantara indikasinya berplat nomor luar kota dan membawa banyak perbekalan.

“Dari hasil pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan mayoritas pemudik berasal dari Surabaya. Mereka akan mudik ke sejumlah wilayah di Kabupaten Kediri, Tulungagung dan Trenggalek,” lanjut AKBP Lukman.

Tidak hanya pemeriksaan kelengkapan surat, petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan riwayat perjalanan pemudik. Di setiap pos juga disediakan alat pelindung diri (APD) sebagai antisipasi penularan virus corona. Bahkan pemudik dengan suhu badan tak normal wajib rapid test.

| Baca Juga:  Anjing Penyerang Pencari Rumput Hingga Tewas 'Ditahan' Polisi

“Bila ada pemudik yang terindikasi gejala terjangkit virus covid-19 maka akan dibawa ke rumah sakit. Kami fokus tidak hanya keamanan, tapi juga kesehatan masyarakat,” pungkas Kapolres Kediri.(*)

Editor: Yusuf Saputro