Beranda Peristiwa Tambang Pasir di Sungai, Laki-laki di Blitar Temukan Mahkota dari Logam

Tambang Pasir di Sungai, Laki-laki di Blitar Temukan Mahkota dari Logam

BERBAGI
mahkota logam yang ditemukan Warsito diduga merupakan benda purbakala. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Sebuah mahkota logam yang diduga merupakan benda purbakala ditemukan seorang penambang pasir di sungai aliran lahar Gunung Kelud Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Benda antik ini ditemukan Warsito di sungai yang berjarak 300 meter arah barat daya Candi Kalicilik.

Menurut istri Warsito, Endri, awalnya suami bersama anaknya turun ke sungai untuk menambang pasir. Sesampainya di sungai anak mereka berteriak meminta ayahnya menyingkirkan sampah berupa kresek berwarna putih. Saat sampah itu ditarik ada benda yang menyangkut.

“Saat pertama kali ditarik, suami saya ngira itu panci bekas. Nah pas dilihat-lihat ternyata bentuknya kok beda terus dibawa pulang. Nyampek rumah sekitar jam 5 sore,” ungkap Endri, Rabu (15/4/2020).

| Baca Juga:  Warga Blitar Gelar Kenduri Tolak Balak Corona di Tengah Jalan

Sesampainya di rumah, benda itu disimpan dengan dibungkus kain. Endri dan Wasito kemudian melaporkan kejadian ini ke pemerintah desa setempat dan dilanjutkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar.

Sementara Kepala Disporbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, temuan itu telah dilaporkan ke Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Pihaknya juga telah mengecek benda tersebut untuk memastikan tersimpan dengan baik dan benar sebelum tim BPCB datang dan melihat benda tersebut.

“Kami mengunjungi langsung untuk memastikan. Kami dari dinas akan mengirim surat ke BPCB, harapannya tim ahli yang menangani benda purbakala datang ke Blitar untuk meneliti dan memastikan benda tersebut,” ujar Suhendro Winarso.

| Baca Juga:  Penemuan Benda Diduga Bom Di Bendungan Wlingi

Dia menambahkan, secara detail pihaknya tidak bisa memastikan apakah benda tersebut merupakan benda sejarah atau hanya benda seni. “Kami hanya mengamankan dan melaporkan temuan ini. Untuk detailnya nanti ada tim ahli yang akan meneliti,” pungkasnya.

Candi kalicilik merupakan sebuah tempat peribadatan yang dibangun pada jaman kerajaan Majapahit. Hal ini dikuatkan dengan adanya relief Surya Majapahit didalam bilik candi. (*)

Reporter : Ana Alana 
Editor : Linda Kusuma