Beranda Peristiwa Warga Blitar Gelar Kenduri Tolak Balak Corona di Tengah Jalan

Warga Blitar Gelar Kenduri Tolak Balak Corona di Tengah Jalan

BERBAGI
Warga sebuah desa di Blitar masih mempercayai dengan menggelar kenduri di tengah jalan, mereka bisa menghadang virus corona agar tidak masuk ke desa mereka. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Berbagai upaya dilakukan warga untuk melawan pandemi Covid-19, termasuk dengan kearifan lokal. Di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, warga menggelar kenduri tolak balak di perempatan jalan, Kamis malam (9/4/2020).

Warga membawa nasi kenduri yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi kenduri yang biasa disebut takir ini kemudian didoakan dan dimakan bersama-sama warga yang hadir.

Menurut tokoh masyarakat Kemloko, Kanafi, kenduri ini biasanya digelar menjelang masuk bulan Ramadan. Namun tahun ini di tengah pandemi Covid-19, warga berinisiatif menggelar kenduri bersama-sama sekaligus berdoa agar wabah segera berakhir.

| Baca Juga:  Ratusan Warga Rejoso Blitar Desak Pencabutan Izin Pabrik Gula

“Dengan kenduri tolak balak ini sebagai tradisi para pendahulu kita. Tujuannya agar warga terhindar dari berbagai macam penyakit, salah satunya harapan kita agar Corona segera diangkat dari muka bumi ini,” jelasnya Kanafi.

Kenduri digelar diperempatan jalan desa usai menjalankan sholat isya’. Dengan hanya menggunakan penerangan lilin, mereka nampak khusu berdoa memohon keselamatan.

Dalam kegiatan itu warga juga terlihat menerapkan Physical Dsitancing. Mereka memberi jarak sekitar 1 meter antara satu sama lain.

“Secara logika hal ini mungkin belum dapat dibuktikan. Namun kami percaya jika semua upaya kita lakukan pasti wabah ini segera berakhir,” pungkas Kanafi.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro