Beranda Peristiwa Diterjang Banjir Rob Puluhan Warga Sine Pilih Dirumah Aja

Diterjang Banjir Rob Puluhan Warga Sine Pilih Dirumah Aja

BERBAGI
petugas dan warga menyaipakan karung pasir untuk menghalau ombak masuk kerumah warga di pantai Sine Tulungagung. (foto: maman firmansyah)

AGTVnews.com – Puluhan warga yang ada di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung memilih dirumah aja meski terdampak banjir Rob. Warga menilai banjir ini merupakan kejadian biasa dan selalu terjadi setiap tahun.

Berdasarkan data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, ada 90 rumah warga yang tergenang banjir Rob.

Salah satu warga desa setempat, Maryani mengatakan, banjir rob terjadi sejak Selasa (26/5/2020) kemarin. Pada hari ini banjir tidak surut justru ketinggian air meningkat dan masuk kerumah warga.

| Baca Juga:  Sungai Tempuran Meluap, Ratusan Warga Mengungsi ke Masjid

“Pagi ini mulainya jam 10an, air sudah mulai masuk ke rumah rumah. Kalau kemarin ombak sudah meningkat tapi ndak sampai masuk ke rumah rumah, ”jelasnya, Rabu (27/5/2020).

Meski air yang masuk ke rumah warga ini cukup mengganggu namun mereka memilih untuk bertahan dan tidak mengungsi.

Sementara itu, kepala BPBD Kabupaten Tulungagung, Soeroto mengatakan, banjir Rob tidak hanya di pantai Sine. Sejumlah pantai lain di Tulungagung seperti pantai Sidem, Gemah, Popoh dan Klatak juga diterjang banjir Rob. Meski demikian imbas paling besar di Sine karena banyaknya penduduk yang tinggal di bibir pantai.

| Baca Juga:  Akses Desa Diterjang Banjir, Ratusan Warga Terisolasi

“Yang paling terasa di Sine, karena memang disini banyak masyrakatnya. Kalau di pantai lain tidak seramai disini,” jelasnya.

BPBD bersama dengan warga sekitar telah menyiapkan sekitar 2000 karung pasir untuk menghalau ombak yang datang sewaktu-waktu datang. “Prediksi kemungkinan 3-4 hari lagi akan berahir. Kita himbau masyarakat untuk waspada dan tetap berhati hati,” pungkasnya. (*)

Reporter : Maman Firmansyah
Editor : Linda Kusuma