Beranda Kesehatan Gelar Rapid Test Dadakan di Mall Tulungagung 2 Karyawan dan Pengunjung Reaktif

Gelar Rapid Test Dadakan di Mall Tulungagung 2 Karyawan dan Pengunjung Reaktif

BERBAGI
Rapid test massal yang diadakan disalahsatu mall di Tulungagung. (foto: maman firmansyah)

AGTVnews.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tulungagung menggelar rapid test dadakan di 4 tempat keramaian di kabupaten Tulungagung, Rabu (20/5/2020).

Disalahsatu supermall Tulungagung, Apollo, petugas mendapati 2 karyawan mall dan 1 pengunjung reaktif terhadap rapid test. Di tempat ini ada 25 karyawan dan 50 pengunjung jalani test dadakan.

Mereka yang dipastikan reaktif langsung dipanggil dan mendapatkan pengarahan dari tim medis mengenai kondisinya. Selanjutnya tim medis akan melakukan tracing kontak erat kepada orang orang yang dinyatakan reaktif tersebut.

Ketua Tim RSUD dr Iskak Tulungagung, Kasil Rohmad mengatakan mereka yang hasilnya reaktif akan menjalani prosedur yang ada. Kemudian pihaknya akan melaporkan temuan ini kepada gugus tugas guna menjadikan bahan pijakan untuk menentukan strategi guna menangani penyebaran corona di Tulungagung.

| Baca Juga:  Miris, Setiap Hari Ada 30 Janda dan Duda Baru di Tulungagung

“Hasilnya akan kita sampaikan kepada gugus tugas untuk menentukan kebijakan selanjutnya. Apa yang akan dilakukan gugus tugas kedepan,” ungkapnya.

Sementara itu, pemilik mall, Iwan mengatakan pihaknya meminta kedua karyawannya untuk mengikuti aturan pemerintah termasuk menjalani isolasi, baik isolasi mandiri maupun karantina sesuai arahan pemerintah.

Iwan mengaku sudah menerapkan protokol kesehatan untuk karyawan dan pengunjung di mall yang dia kelola. Pihaknya mewajibkan pengunjung menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, hingga penyediaan hand sanitizer bagi pengunjung.

“Sudah kita terapkan protokol kesehatan, mulai dari masuk untuk pengunjung dan karyawan kita” pungkasnya

| Baca Juga:  Pantai Tulungagung Paling Ngehit yang Wajib Dikunjungi

Sekitar 30 petugas medis disiagakan oleh Gugus Tugas Percapatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tulungagung untuk tugas melakukan rapid test on the spot di 4 lokasi rawan kerumunan massa.

Empat lokasi yang disasar diantaranya Apolo Mall, Bravo Mall, Golden Swalayan dan Belga Mall.

Rapid test dadakan ini dilakukan karena temuan jumlah warga Tulungagung yang reaktif dan terkonfirmasi positif semakin hari semakin meningkat. (*)

Reporter : Maman Firmansyah
Editor : Linda Kusuma