Beranda Peristiwa Larang Warga Takbir Keliling Ratusan Petugas Gabungan Blitar Siap Gelar Razia Besar-besaran

Larang Warga Takbir Keliling Ratusan Petugas Gabungan Blitar Siap Gelar Razia Besar-besaran

BERBAGI
Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela telah menyiapkan ratusan personil gabungan untuk menghalau warga yang melakukan takbir keliling. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Blitar Kepolisian Resort Blitar Kota siapkan ratusan personil gabungan. Mereka akan bersiaga untuk menghalau takbir keliling pada malam Idul Fitri 1441 H di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Personil gabungan ini diantaranya petugas dari jajaran Polres Blitar Kota, Kodim 0808, Batalyon 511, Dishub dan Satpol PP.

Warga yang masih nekat melakukan aksi takbir keliling bakal langsung diminta balik kanan dan kembali ke rumahnya masing-masing. Petugas juga akan memeriksa kelengkapan berkendara para peserta takbir keliling.

Jika ada yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas seperti tidak memakai helm dan tidak membawa dokumen berkendara maka petugas akan langsung memberikan sanksi tilang.

| Baca Juga:  Panik Uang di ATM Hilang Rp 8,5 Juta, Ternyata Dibobol Pembantu

“Sesuai hasil koordinasi antar instansi Kodim 0808, Koramil, Camat dan Batalyon 511. Serta surat edaran Bupati dan Walikota Blitar yang melarang adanya takbir keliling, maka kami akan melakukan upaya antisipasi. Upaya ini dengan menggelar razia ke seluruh wilayah hukum Polres Blitar Kota,” ungkap Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, Sabtu (23/5/2020).

Dia berharap masyarakat mematuhi imbauan pemerintah dan cukup melaksanakan takbir di masjid dan mushala lingkungan masing-masing. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Yang diperbolehkan hanya takbir di dalam ruangan. Misalnya di masjid maupun mushala di lingkungan masing-masing. Untuk takbir keliling baik itu menggunakan
sepeda motor, mobil maupun kendaraan lain semuanya dilarang,” tegasnya.

| Baca Juga:  Bandel, Demi Baju Lebaran Warga Blitar Padati Pertokoan di Tengah Pandemi Corona

Sementara itu, Bupati dan Walikota Blitar serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Blitar sepakat melarang adanya takbir keliling menjelang Idul Fitri 1441 H.

Bahkan dalam surat edaran, juga diatur mengenai penggunaan pengeras suara luar ruangan dan jam takbir yaitu sampai 22.00 WIB. Selanjutnya jika tetap ingin melanjutkan takbiran, bisa menggunakan pengeras suara dalam ruang. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor: Linda Kusuma