Beranda Kesehatan Pemkab Blitar Bakal Gelar Rapid Test Massal di Pusat Keramaian Secepatnya

Pemkab Blitar Bakal Gelar Rapid Test Massal di Pusat Keramaian Secepatnya

BERBAGI
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti , mengatakan, Pemkab akan lakukan rapid test massal di sejumlah pusat keramaian. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 segera melakukan rapid test massal di pusat keramaian.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, rapid test massal ini digelar untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Corona di Kabupaten Blitar usai lebaran.

Apalagi, lanjut Krisna sebagian masyarakat ada yang belum menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menggunakan masker dan menjaga jarak saat sedang berbelanja di pasar.

“Seperti diketahui, saat menjelang Lebaran aktifitas masyarakat untuk belanja ke pasar cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Kami khawatir akan ada lonjakan kasus. Sehingga sebagai langkah antisipasi kami akan melakukan rapid test massal untuk mengetahui perkembangan pasca-ramadhan dan lebaran kemarin,” ujar Krisna, Selasa (26/5/2020).

| Baca Juga:  Peringatan HKG PKK ke-48, PKK Dukung Pemkab Blitar Wujudkan Program Pemerintah

Lebih lanjut Krisna menjelaskan pihaknya telah menyiapkan 1.000 alat rapid test. Rapid test ini akan menyasar pusat-pusat keramaian seperti pasar tradisional yang kemungkinan jadi episentrum baru, dan juga dimungkinan menjadi sumber transmisi lokal.

“Pusat keramaian yang menjadi sasaran rapid test massal diantaranya pasar tradisional di tiga Kecamatan. Diantaranya Pasar Wlingi, Pasar Kanigoro dan Pasar Selopuro,” imbuhnya.

Krisna mengungkapkan sampai saat ini data kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai 10 kasus. “Jumlah kasus positif di Kabupaten Blitar mencapai 10 kasus. Rinciannya 3 dinyatakan sembuh, 4 dirawat dan 3 meninggal dunia. Kami terus melakukan berbagai upaya menekan kasus positif. Kami juga mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma