Beranda Kesehatan Pulang Dari Malang Mahasiswa Asal Blitar Meninggal dengan Status PDP

Pulang Dari Malang Mahasiswa Asal Blitar Meninggal dengan Status PDP

BERBAGI
pemkaman PDP menggunakan protap pemakaman pasien corona. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Seorang mahasiswa Malang asal Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar meninggal dunia dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Pasien ini meninggal di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar, Minggu 17 Mei lalu.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan pasien adalah seorang laki-laki berusia 23 tahun dan memiliki riwayat baru pulang dari Malang pada 3 Mei lalu.

Kemudian pada Jumat 15 Mei dia mengeluh badan panas, mual, nyeri persendian dan sariawan. Akhirnya yang bersangkutan periksa ke Puskesmas Udanawu.

| Baca Juga:  2 Warga Indonesia Positif Corona

“Karena gejalanya mengarah ke COVID-19 dan punya riwayat dari zona merah, akhirnya pasien dirujuk ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Pasien langsung masuk ruang isolasi, kemudian sehari berada di rumah sakit pasien dinyatakan meninggal dunia,” ujar Krisna Senin (17/5/2020).

Krisna menambahkan, pasien kemudian dimakamkan dengan protokol penanganan pasien Corona oleh petugas rumah sakit. “Karena pasien masuk sebagai PDP, pemakaman dilakukan sesuai protap penanganan pasien Corona. Petugas yang memakamkan menggunakan APD lengkap,” terangnya.

Krisna menyebut meski belum dinyatakan positif terjangkit virus Corona, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar langsung melacak orang yang pernah kontak erat dengan pasien.

| Baca Juga:  Pasien Positif Covid-19 di Tulungagung Bertambah 5 Orang

“Kepada pasien telah dilakukan swab, sementara menunggu hasil swab kami melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma