Beranda Peristiwa Tiga Desa di Kabupaten Kediri Masuk Jadi Kampung Tangguh

Tiga Desa di Kabupaten Kediri Masuk Jadi Kampung Tangguh

BERBAGI
Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono melaunching salah satu kampung tangguh di Kabupaten Kediri. (foto: yusuf saputro)

AGTVnews.com – Tiga desa yang ada di Kabupaten Kediri masuk menjadi kampung tangguh. Desa tersebut yakni Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih, Desa Tulungrejo Kecamatan Pare dan Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem.

Desa ini dipilih karena memiliki jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tertinggi di Kabuptaen Kediri.

Menurut Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono, kampung tangguh ini dibentuk karena semakin tingginya angka penderita covid-19. Sehingga semua warga berusaha melawan secara mandiri.

“Hampir semua daerah mengalami bencana dan terkena dampaknya (covid-19), maka asumsi dasarnya akan terjadi kelangkaan daya dukung dari luar sistem. Untuk itu kelompok terkecil masyarakat harus mampu memiliki kemampuan adaptasi yang baik atau yang memiliki ketangguhan yang tinggi yang akan bertahan,” jelasnya, Selasa (26/5/2020).

| Baca Juga:  Lestarikan Alam, Pemkab Kediri Tanam Seribu Bibit Pohon di Embung Kalibago Grogol Kediri

Ditambahkan Kapolres, pertahanan wilayah sangat berguna menangkal berbagai gangguan dari luar termasuk bencana. Mengorganisir satuan sosial tertentu akan sangat berguna untuk membantu berbagai gerakan struktural yang dilakukan pemerintah.

“Dengan dibentuknya kampung tangguh Covid 19 diharapkan masyarakat akan siap dengan kondisi terburuk. Pemerintahnya siap menghadapi bencana serta masyarakatnya tertib dalam menghadapi situasi bencana,” ucapnya.

Di kampung tangguh ini, masyarakat diberi pelatihan agar bisa melakukan evakuasi terhadap pasien Covid-19. Selain itu mereka juga dilatih untuk melakukan pemulasaran jenazah covid-19.

| Baca Juga:  Inilah 3 Sasaran Operasi Simpatik 2017

“Dengan pelatihan yang diberi, masyarakat nanti akan terlatih untuk mengatur sirkulasi pangan kampung serta pembatasan orang maupun kendaraan yang keluar masuk kampung,” pungkasnya.

Dengan adanya kampung tangguh, diharapkan penyebaran virus corona bisa ditekan dan masalah yang muncul bisa diminimalisir. (*)

Reporter : Yusuf Saputro
Editor: Linda Kusuma