Beranda Kesehatan Cegah Klaster Baru, Gugus Tugas COVID-19 Blitar Gelar Rapid Test Massal di...

Cegah Klaster Baru, Gugus Tugas COVID-19 Blitar Gelar Rapid Test Massal di Pasar Tradisional

BERBAGI
petugas melakukan rapid test massal di pasar tradisional di Kabupaten Blitar. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Blitar menggelar Rapid Test massal. Sasarannya adalah dua pasar tradisional di daerah tersebut, yakni pasar Wlingi Kecamatan Wlingi dan pasar Ploso Kecamatan Selopuro.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan kegiatan ini untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran serta klaster baru COVID-19 di Kabupaten Blitar.

“Rapid Test ini menyasar para pedagang pasar, untuk mencegah penularan virus Corona serta munculnya klaster baru di Kabupaten Blitar,” ujar Krisna, Senin (9/6/2020).

| Baca Juga:  15 Warga Blitar Positif Corona, Pemkab Pastikan Hanya Hoax

Untuk pasar Wlingi total ada 161 pedagang yang dilakukan rapid test, hasilnya semua non reaktif. Sementara untuk pasar Ploso total ada 63 pedagang semuanya juga dinyatakan non reaktif.

“Dari dua pasar tersebut semua dinyatakan non reaktif,” jelasnya.

Rapid Test Menyasar Tempat Yang Rentan Penyebaran Corona

Krisna menambahkan, nantinya GTPP Covid-19 Kabupaten Blitar akan melakukan Rapid Test secara berkala. Rapid Test ini akan menyasar tempat-tempat yang dinilai rentan terjadi penyebaran atau penularan virus Corona.

Data di Kabupaten Blitar saat ini, dari total 10 pasien positif, 6 dinyatakan sembuh, 3 meninggal dunia dan satu dalam masa observasi.

| Baca Juga:  Merasa Sehat, Ratusan Warga Kedak Kediri Demo Tolak Rapid Test

Pasien yang masih positif ini juga sudah tidak dirawat di rumah sakit melainkan isolasi mandiri di rumah karena kondisi kesehatannya sangat baik. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma