Beranda Ekonomi Bisnis Diberlakukan Pembatasan Wilayah, Harga Cabai di Kediri Terjun Bebas

Diberlakukan Pembatasan Wilayah, Harga Cabai di Kediri Terjun Bebas

BERBAGI
petani di kabupaten Kediri memilih menunda panen hingga harga stabil. (foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Harga cabai di Kabupaten Kediri terus mengalami penurunan sejak 1 pekan terakhir. Turunnya harga ini diduga karena melimpahnya stok di tingkat petani. melimpahnya stok ini karena adanya pembatasan wilayah saat pandemi Covid-19.

Salah satu petani di Desa paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Udin mengaku harga cabai yang awalnya Rp 10 ribu kini tinggal Rp 6 ribu saja di tingkat petani. Jika kondisi ini terus berlanjut maka petani cabai akan mengalami kerugian.

“Jika harga cabai terus turun, maka petani akan semakin rugi. Karena biaya tanam dan harga jual yang tidak sebanding. Kita hanya bisa menunda panen hingga kondisi harga stabil,” jelasnya, Jumat (12/6/2020).

| Baca Juga:  Situs Calonarang Kembali Tertata Rapi

Meski menunda panen, namun para petani ini tetap memiliki resiko kerugian. Cabai yang dibiarkan tidak segera dipanen akan membusuk di pohon.

“Sebetulnya tetap rugi, karena cabai yang dibiarkan di pohon nantinya juga membusuk,” pungkasnya.

Petani hanya bisa berharap, akses ke sejumlah pasar di daerah-daerah segera dibuka, sehingga cabai ini bisa disalurkan seperti biasanya. Sebelum terjadinya pandemi, cabai dari Kabupaten Kediri memasok pasar di sejumlah wilayah Jawa Barat dan Jabodetabek. (*)

Reporter : Wiji Guntoro
Editor : Linda Kusuma