Beranda Peristiwa Ditolong Pak Kades, Ini Cerita Ibu di Blitar Yang Lahiran di Pinggir...

Ditolong Pak Kades, Ini Cerita Ibu di Blitar Yang Lahiran di Pinggir Jalan

BERBAGI
Ditolong Pak Kades, Ini Cerita Ibu Yang Lahiran di Pinggir Jalan
Siti Aminah saat ditolong oleh petugas medis setempat. Proses kelahiran bayi ditolong pak Kades, namun plasenta masih tertinggal di dalam.(foto: ana alana)

AGTVnews.com – Siti Aminah, ibu yang melahirkan bayi laki-lakinya di pinggir jalan Desa Pasirharjo dengan bantuan Kepala Desa setempat kini bisa bernafas lega. Pasalnya dia dan bayinya dinyatakan sehat dan sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya di Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun. Sebelumnya ibu dan bayinya sempat dirawat di Puskesmas.

Aminah mengaku, terpaksa melahirkan di trotoar karena sudah tidak kuat dengan kontraksi yang dirasakannya. Saat itu dia hendak ke bidan desa Kendalrejo, namun karena bidan tidak ada di tempat dia bergegas beralih ke bidan desa Pasirharjo yang letaknya berdekatan dengan rumah Pak Kades.

| Baca Juga:  Ribuan Siswa SMP di Kabupaten Blitar Tidak Bisa Ikuti UNBK

|Tonton video berita ini:

Sesampainya di Pasirharjo, bidan desa rupanya juga tengah tak berada di rumah. Dia dan suaminya kemudian memutuskan untuk ke rumah Pak Kades dengan niat meminta nomor telefon bidan.

“Setelah dari rumah Pak Kades itu ketuban saya pecah. Kemudian pak Kades langsung menyelamatkan bayi saya seperti layaknya bidan,” kata Aminah, Kamis (25/6/2020).

Sambil tertawa Aminah melanjutkan ceritanya, dia mengaku malu melahirkan di pinggir jalan dan kapok. Menurutnya sama seperti persalinannya sebelumnya. Jarak antara kontraksi dan lahiran sangat cepat. Bayi laki-laki ini, anak ke 4 Aminah.

| Baca Juga:  Kabupaten Blitar Tambah 2 Pasien Positif, Keduanya Meninggal Usai Hasil Test Keluar

Sebelumnya, Siti Aminah melahirkan di trotoar dengan bantuan Kades Pasirharjo Chusana Churori pada Selasa 24 Juni lalu. “Saat itu kepala bayi sudah keluar. Yang terpikir oleh diri saya hanya bagaimana bayi itu tidak jatuh ke lantai. Jadi langsung saya bantu proses persalinannya,” ujar Chusana.

Meski tidak memiliki riwayat sebagai ahli medis Chusana ternyata sudah dua kali melakukan hal serupa. Pada 2018 lalu dia juga pernah mengalami peristiwa serupa. Yakni menolong wanita melahirkan di pinggir jalan. (*)

Reporter : Ana Alana 
Editor : Linda Kusuma