Beranda Kesehatan Jombang Gratiskan Rapid Test Bagi Santri, Ini Syaratnya

Jombang Gratiskan Rapid Test Bagi Santri, Ini Syaratnya

BERBAGI
Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengatakan rapid test bagi santri ber-KTP Jombang gratis. (foto: aan hidayat)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Jombang akan menggratiskan biaya rapid test bagi sejumlah santri. Namun tidak semua santri mendapatkan kemudahan tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengatakan, syarat yang harus dipenuhi para santri yang ingin melakukan rapid test gratis yakni, wajib ber-ktp asli Jombang. KTP ini ditunjukkan langsung kepada petugas yang dituju.

“Rapid test bisa dilakukan setiap santri di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Jombang. Dan semua biaya gratis, karena biaya ditanggung pemerintah daerah, “ ujar Bupati, Jumat (26/06/2020).

| Baca Juga:  Baru Jadi Zona Kuning, Kota Blitar Kembali Ketambahan 1 Pasien Positif Corona

Sementara, untuk santri luar Jombang yang akan datang di Pondok yang berada di Kabupaten Jombang, diimbau agar melakukan rapid test di tempat asalnya jika akan kembali ke pesantren di Jombang.

“Kalau ada santri dari jauh, semisal dari Papua, akan kita bantu untuk rapid test, “ jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah santri yang akan kembali ke pesantren diwajibkan untuk melakukan rapid test terlebih dahulu. Jika terbukti reaktif, maka harus melakukan swab test dan isolasi mandiri terlebih dahul. Upaya ini sebagai langkah untuk menekan penyebaran Covid-19 di lingkup pesantren Jombang. (*)

Reporter : Aan Hidayat
Editor : Linda Kusuma