Beranda Wisata Hiburan Kembali Dibuka, Wisatawan Padati Makam Bung Karno

Kembali Dibuka, Wisatawan Padati Makam Bung Karno

BERBAGI
Kembali Dibuka, Wisatawan Padati Makam Bung Karno
sejumlah wisatawan bergantian untuk ziarah di pusara Bung Karno. (foto : tim liputan )

AGTVnews.com – Tempat wisata sejarah Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar kembali dibuka, Minggu (21/6/2020). Pemerintah Kota Blitar memutuskan untuk membuka tempat wisata ini, tepat pada Haul Bung Karno ke-50.

Wisatawan yang masuk untuk berziarah harus menjalani protokol kesehatan secara ketat. Mereka terlebih dahulu harus mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan. Selain itu, mereka juga harus diperiksa suhu tubuhnya.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Blitar, Tri Iman Prasetyo mengatakan, meski sudah dibuka untuk umum, namun ada pembatasan wisatawan yang masuk ke dalam makam.

| Baca Juga:  DPRD Minta Patung Bung Karno di Depan Pemkab Blitar Diturunkan

“Kita terapkan kuota wisatawan untuk beberapa tempat wisata yang dibuka. Di Makam ini kuotanya 50 orang, di Istana Gebang 25 orang. Tempat wisata yang dibuka adalah pengunjungnya bisa dikendalikan dan terukur. Jadi penerapan protokol kesehatan bisa dijalankan,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Malang, Putri mengaku, cukup senang dengan dibukanya Makam Bung Karno ini. “Kalau ke Blitar, ya datang ke Makam ini. Ini khan ikon Blitar, apalagi bertepatan dengan haul Bung Karno,” ucapnya.

Tiga bulan sebelumnya, saat merebaknya pandemi Corona, Makam Bung Karno dan beberapa tempat wisata lainnya ditutup. Seiring dengan penerapan new normal di Kota Blitar, bertahap tempat wisata ini mulai kembali dibuka. (*)

Reporter : Tim Liputan 
Editor : Linda Kusuma