Beranda Olahraga Liga 1 PSSI Segera Digulirkan Tanpa Penonton

Liga 1 PSSI Segera Digulirkan Tanpa Penonton

BERBAGI
Persik Kediri sat berlaga melawan tim Bhayangkara FC sebelum pertandingan Liga 1 dihentikan. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana segera menggulirkan kembali Liga 1 yang sempat terhenti karena pandemi Corona.

Dalam panduan setebal 8 halaman yang diterima redaksi AGTVnews.com, tidak tercantum aturan bagi penonton di dalam tribun. Ini artinya seluruh pertandingan bakal digelar tanpa melibatkan suporter.

Poin 4 panduan menyebutkan, hanya ada 254 orang yang diperbolehkan berada di area stadion. Orang-orang tersebut tersebar dalam 3 zona, yakni zona satu area lapangan tengah, zona dua area tribun dan zona tiga area diluar stadion.

Dari 3 zona yang disebutkan, crew televisi mendapat porsi 41 orang. Dengan panduan ini, kemungkinan seluruh pertandingan bakal disiarkan langsung oleh stasiun televisi pemegang hak siar.

| Baca Juga:  Persik Kediri Ngotot Rebut Tiket Final Liga 3

Persik Kediri Antisipasi Penumpukan Suporter

Presiden Klub Persik Kediri Abdul Hakim Bafagih menyambut baik kelanjutan liga yang segera digulirkan. Sebagai klub profesional, pihaknya akan mengikuti seluruh regulasi federasi. Apalagi hal itu menyangkut protokol kesehatan di masa pandemi.

“Walaupun Persik ini klub sepak bola di bawah PT (perseroan terbatas) swasta, tapi sepak bola Indonesia wajib mengikuti aturan PSSI,” kata Hakim dalam press rilis kepada wartawan belum lama ini.

Dia mengungkapkan, protokol yang disampaikan PSSI sudah sesuai dengan keinginan klub. Persik akan berusaha menyesuaikan dan mengikuti arahan dari PSSI.

| Baca Juga:  ‎Sosok Budiarjo Thalib Dibalik Moncer Persik Kediri

Menurutnya, manajemen tidak ingin kelanjutan kompetisi justru membawa malapetaka bagi klub. Karenanya, PSSI juga perlu mempertimbangkan langkah pengamanan untuk suporter.

Sebab, meskipun liga nanti diputuskan tanpa penonton, federasi harus mengantisipasi kerumunan suporter di sekitar stadion. “Perlu disiapkan juga bagaimana langkah-langkah agar suporter tidak memasuki area pertandingan,” ujarnya.

Seperti diketahui, suporter akan selalu hadir memberikan dukungan kepada tim kesayangan. Sekalipun tidak masuk ke stadion, mereka hadir dan bergerombol di luar stadion.(*)

Reporter: Yusuf Saputro
Editor : Linda Kusuma