Beranda Kesehatan Pasangan Suami Istri di Kota Blitar Terkonfirmasi Positif Corona

Pasangan Suami Istri di Kota Blitar Terkonfirmasi Positif Corona

BERBAGI
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, dr M Muchlis. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Kasus positif Corona (Covid-19) di Kota Blitar kembali bertambah. Pasien yang terkonfirmasi positif pada Minggu 14 Juni lalu merupakan pasien ke 5 di Kota Blitar. Wanita berusia 54 tahun asal Kelurahan Klampok ini masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, dr M Muchlis mengatakan pasien ke 5 ini juga merupakan istri pasien positif Corona ke 4 di Kota Blitar.

“Jadi untuk kasus baru, yang dinyatakan positif merupakan istri dari pasien laki-laki yang terkonfirmasi positif sebelumnya asal Kelurahan Klampok,” ujar Muchlis, Senin (15/6/2020).

Muchlis menambahkan, sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar telah melakukan tracing dan rapid test terhadap kontak erat pasien ke 4.

Petugas Tracing Terhadap Pasien ke 4

Saat itu rapid test dilakukan terhadap 11 orang yang kontak erat dengan pasien, termasuk istri pasien. Dalam rapid test tersebut diketahui 9 orang non reaktif dan 2 orang reaktif.

| Baca Juga:  Wow, Baru Kelas 3 Siswa Madrasah Ini Raih Emas di Olimpiade Matematika Internasional

2 orang yang reaktif kemudian dilakukan test swab. Hasilnya untuk satu orang yakni istri pasien ke 4 dinyatakan positif virus Corona.

“Pasien sudah dirujuk ke RSUD Mardi Waluyo untuk menjalani perawatan. Sementara bagi satu kontak erat lainnya yang hasilnya reaktif dan yang non reaktif tetap diminta untuk isolasi mandiri di rumah,” imbuhnya.

Dia menjelaskan riwayat pasien ke 4 sebelum dinyatakan positif, saat lebaran bertemu dengan anaknya yang bekerja di Surabaya. Anaknya sengaja mudik ke Kota Blitar untuk bersilaturahmi.

“Jadi sebelum sakit, pasien ketemu anaknya saat Lebaran . Anaknya dari Surabaya. Nah kemudian pasien ke 4 ini menularkan ke istrinya yakni pasien ke 5,” ujarnya.

| Baca Juga:  Dinas Pendidikan Blitar Umumkan Sekolah Libur Besok

Untuk diketahui dengan tambahan satu kasus konfirmasi positif ini, kini jumlah komulatif pasien positif Corona di Kota Blitar menjadi sebanyak 5 orang. Dari 5 orang tersebut, 3 diantaranya dinyatakan sembuh dan dua dirawat.

Rincian pasien yang telah sembuh diantaranya satu orang warga Kelurahan Tanjungsari klaster pelatihan calon jamaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya dinyatakan sembuh.

Kemudian seorang dokter warga Jogjakarta yang berdomisili di Kelurahan Kauman Kota Blitar juga telah dinyatakan sembuh dari Corona. Disusul WN Malaysia yang tinggal di Kelurahan Tanjungsari dilaporkan juga telah sembuh dari virus Corona. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma