Beranda Pemerintahan Pasar Tradisional Kota Kediri Bersiap Untuk New Normal

Pasar Tradisional Kota Kediri Bersiap Untuk New Normal

BERBAGI
masing-masing lapak di pasar setono betek Kota Kediri sudah berjarak. (foto : istimewa)

AGTVnews.com – Pasar tradisional Kota Kediri mulai bersiap menghadapi tatanan baru di era pandemi Covid-19. Pemerintah kota Kediri sudah melakukan beberapa skenario untuk pasar tradisional di dalam new normal ini.

Dirut Perumda Pasar Joyobo, Muhamad Ihwan Yusuf mengatakan, semua pasar tradisional di bawah Perumda Pasar menerapkan protokol kesehatan. Semua yang beraktifitas di area pasar wajib mengenakan masker.

“Setiap orang yang masuk diukur suhu badan. Maksimal 37 derajad celcius. Jika suhunya lebih panas, akan direkomendasikan untuk ke Puskesmas dan tidak boleh masuk ke pasar kata Ihwan, Kamis (18/6/2020).

| Baca Juga:  Edukasi Masyarakat tentang Program Smart City Melalui Lomba Film Pendek

Tidak hanya itu, pasar tradisional di Kota Kediri juga dilengkapi dengan sarana tempat cuci tangan dan sabun di beberapa titik. “Pemkot mengatur jarak agar tidak bergerombol. Pengaturan jarak antar pedagang dilakukan agar diikuti oleh pembeli. Jika pedagangnya berjarak, maka pembelinya juga berjarak,” terang Ihwan.

Di pasar Bandar, untuk pedagang lesehan di lantai 2 diberi jarak dengan tanda kotak-kotak putih. Sedangkan di Pasar Setono Betek sudah ada lapak yang jaraknya cukup memadai, maka penanda garis putih dilakukan untuk pembeli.

| Baca Juga:  Viral di Medsos, Walikota Kediri Datangi Rumah Warganya yang Terlantar

Selain itu, di pasar ini menerapkan sistem shifting. Ada urutan penjual untuk sehari masuk dan sehari libur sehingga memperlebar jarak.

“Petugas terus memberikan sosialisasi secara rutin dengan mengingatkan semua yang ada di pasar untuk mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Reporter : Yusuf Saputro 
Editor : Linda Kusuma