Beranda Peristiwa Penundaan Pilkada Akan Dicabut, KPU Kediri Aktifkan Badan Adhoc

Penundaan Pilkada Akan Dicabut, KPU Kediri Aktifkan Badan Adhoc

BERBAGI
Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi. (foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri akann mengaktifkan kembali badan Adhoc. Pengaktifan ini dilakukan setelah adanya rencana pencabutan penundaan Pilkada pada 15 Juni mendatang berdasarkan peraturan KPU (PKPU) RI.

Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi menjelaskan, pihaknya saat ini masih menunggu instruksi dari KPU RI tentang pelaksanaan pilkada yang rencananya akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Saat ini kita sedang mempersiapkan menjelang pencabutan penundaan. Kita juga berkoodinasi dengan badan Adhoc tentang kesiapannya. Rencananya beberapa tahapan yang tertunda akan segera kita selesaikan. Seperti pelantikan PPS, kita sedang bahas juga pelantikannya nanti rencananya digelar di masing-masing desa dengan dengan video conference,” jelasnya, Senin (8/6/2020).

| Baca Juga:  KPU Kabupaten Kediri Lantik PAW PPK dan PPS Pilbup 2020

Dikatakannya, saat ini ada 7 anggota PPS yang mengundurkan diri sebelum dilantik. Sementara itu, KPU Kabupaten Kediri juga telah menggelar rapat pleno terkait penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tahapan Pilbup Kediri 2020.

“Kita sudah ajukan ke Pemerintah Daerah terkait pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas. Diantaranya masker, faceshield dan sarung tangan. Kami juga ajukan untuk pemilih namun tidak bisa sepenuhnya. Untuk itu kami minta masyarakat sudah memakai masker saat datang ke TPS,” jelasnya.

Akibat pandemi corona, ada beberapa tahapan Pilkada di kabupaten Kediri yang terpaksa ditunda pelaksanaannya. Tahapan tersebut diantaranya Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), serta Penyusunan dan Pemutakhiran Data Pemilih. (*)

Reporter : Wiji Guntoro
Editor : Linda Kusuma