Beranda Pendidikan Puluhan Siswa SMP di Jombang Dinyatakan Tidak Lulus

Puluhan Siswa SMP di Jombang Dinyatakan Tidak Lulus

BERBAGI
siswa sekolah di Jombang. (foto ilustrasi)

AGTVnews.com – Puluhan siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jombang Jawa Timur, dinyatakan tidak lulus di tahun ajaran 2019/2020. Ada 57 siswa tidak lulus dengan rincian 18 siswa – siswi SMP Negeri dan 39 SMP Swasta.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, Agus Suryo Handoko menjelaskan, penyebab tidak lulusnya para siswa ini karena tidak ikut dalam proses ujian.

“Penyebab mereka tidak lulus karena tidak ikut ujian alias drop out dari sekolah. Sehingga tak ada nilai. Ini tentu saja menyebabkan mereka tak bisa melanjutkan ke jenjang sekolah berikutnya, yakni SMA atau SMK, ” katanya, Rabu (10/06/2020).

| Baca Juga:  Detik-detik Seorang Pengendara Motor di Jombang Tewas Saat Berkendara

Sementara itu, jumlah siswa yang terdaftar di Daftar Nominasi Tetap (DNT) mencapai 13.229. Sementara yang mengikuti ujian akhir sekolah hanya 13.172 saja. Jika dirinci, terdapat 3.452 SMP Swasta terdaftar dalam Daftar Nominasi Tetap (DNT) dan 9.777 SMP Negeri.

“Jika dilihat dari penyebabnya tersebut. kita pastikan jika angka kelulusan tahun ini sangat baik. Mencapai 100 persen. Apalagi sistem pendidikan saat ini masih menggunakan sistem daring. Dimana siswa harus berperan aktif dalam penerapan belajar dengan metode yang baru dijalani mereka, ” pungkasnya. (*)

Reporter : Aan Hidayat
Editor : Linda Kusuma