Beranda Politik Sempat Tertunda Karena Corona, Tahapan Pilwali Kota Blitar Berlanjut

Sempat Tertunda Karena Corona, Tahapan Pilwali Kota Blitar Berlanjut

BERBAGI
KPU Kota Blitar siap melanjutkan tahapan Pilwali yang tertunda akibat pandemi corona. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Tahapan Pemilihan Walikota Blitar 2020 berlanjut, usai sempat tertunda karena pandemi Corona.

Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam mengatakan, dalam pelaksanaan pemilihan serentak lanjutan ini, KPU Kota Blitar akan melanjutkan beberapa tahapan yang tertunda.

Tahapan tersebut diantaranya, verifikasi faktual bakal pasangan calon perseorangan, pembentukan sekretariat PPS, pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), dan pemutakhiran data pemilih.

“Mulai hari ini kita fokus untuk segera melanjutkan tiga tahapan yang tertunda. Tahapan ini juga ditandai dengan pengaktifan kembali badan Ad-Hoc pemilihan serentak lanjutan yang terdiri dari PPK, PPS, dan Sekretariat PPK pasca terbitnya Surat Dinas 441/PL.02-SD/01/KPU/VI/2020,” jelasnya, Senin (15/6/2020).

| Baca Juga:  Kader PDI-P Antusias Ikuti Agenda Haul Bung Karno ke 50

Dikatakan Umam, tahapan pemilihan serentak lanjutan ini akan diawali pada tanggal 15 Juni 2020 dengan pengaktifan kembali 15 Anggota PPK dan 63 Anggota PPS. Setelah itu tahapan akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual Perseorangan pada tanggal 24 Juni 2020 hingga12 Juli 2020.

Dengan waktu yang bersamaan pada tanggal 24 Juni 2020 hingga 14 Juli 2020, akan dilakukan rekruitmen dan pembentukan 259 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan proses pemutakhiran data pemilih pada tanggal 15 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020.

| Baca Juga:  Sutrisno Resmi Mundur dari Kursi Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri

Secara Prinsip KPU Kota Blitar siap menyelenggarakan tahapan tersebut ditengah situasi New Normal. Hal tersebut didasari dengan terbitnya SE Nomor 19 Tahun 2020 tentang pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19 dan petunjuk teknis pelaksaan New Normal di lingkungan KPU.

“Di tengah pandemi Covid-19 dan menuju New Normal ini kita menyiapkan beberapa skenario agar tahapan berjalan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma